MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PERISTIWA DALAM TEKS NONFIKSI DAN FIKSI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NO.153064 LOPIAN 1 KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Isi Artikel Utama

wiraswasti sinaga
Zulfadli Zulfadli
Monica Theresia
Rani Kusuma Ningtyas
Eko Sucahyo
Afdhal Ilahi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia materi peristiwa dalam teks nonfiksi dan fiksi melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) kelas V SD Negeri 200405 Padangsidimpuan. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 153064 Lopian 1 Kabupaten Tapanuli Tengah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data melalui lembar soal tes dan lembar observasi guru. Berdasarkan hasil pengamatan observer aktivitas belajar siswa dan guru meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I 42,86% hasil belajar siswa dan 73% hasil observasi guru. Pada siklus II meningkat 78,57% hasil belajar siswa dan 87% hasil observasi guru. Hasil belajar siswa diukur melalui tes yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Siklus I mencapai 42,86%  atau 12 orang siswa sudah mencapai KKM, 57,14% atau 16 orang siswa yang belum mencapai KKM. Siklus II meningkat menjadi 78,57% atau 22 orang siswa sudah mencapai KKM, 21,43% atau 6 orang siswa belum mencapai KKM. Peningkatan hasil belajar mencapai 35,71%. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri No. 153064 Lopian 1 Kabupaten Tapanuli Tengah.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
sinaga, wiraswasti, Zulfadli Zulfadli, Monica Theresia, Rani Kusuma Ningtyas, Eko Sucahyo, dan Afdhal Ilahi. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PERISTIWA DALAM TEKS NONFIKSI DAN FIKSI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NO.153064 LOPIAN 1 KABUPATEN TAPANULI TENGAH”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 4 (November 30, 2022): 429–437. Diakses Desember 22, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/466.
Bagian
Artikel

Referensi

Amrullah, Z. A. 2019. PTK Penelitian Tindakan Kelas-Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Arikunto dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Shoimin, A. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 3 4 5 6 7 8