PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA IPA MATERI ALAT INDRA MANUSIA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI KELAS IV SD SWASTA 100118 MUHAMMADIYAH PANOBASAN

Isi Artikel Utama

Fadila Putri
Monica Theresia
Royhanun Siregar

Abstrak

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi alat indra manusia menggunakan metode Inkuiri di kelas IV SD Swasta 100118 Muhammadiyah Panobasan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), objek penelitian adalah siswa kelas IV SD Swasta 100118 Muhammadiyah Panobasan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Subjeknya adalah sebanyak 17 orang. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Kemudian data hasil penelitian diolah dengan teknik analisis tes hasil belajar, analisis aktivitas guru, analisis aktivitas siswa. Hasil belajar siswa pada materi alat indra manusia meningkat dengan menggunakan metode Inkuiri di kelas IV SD Swasta 100118 Muhammadiyah Panobasan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten tapanuli Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022 yang ditandai dengan ketuntasan siswa pada setiap siklusnya. Yaitu pada siklus I memperoleh persentase 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil brlajar siswa materi alat indra manusia menggunakan metode Inkuiri di kelas IV SD Swasta 100118 Muhammadiyah Panobasan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Putri, Fadila, Monica Theresia, dan Royhanun Siregar. “PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA IPA MATERI ALAT INDRA MANUSIA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI KELAS IV SD SWASTA 100118 MUHAMMADIYAH PANOBASAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 3 (Agustus 10, 2021): 31–36. Diakses November 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/71.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 > >>