UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS IV SDN 100209 TN. SUKARAMAI KEC.ANGKOLA SELATAN KAB. TAPANULI SELATAN

Isi Artikel Utama

Fransisca Ekklesiya Tamba
Sukriadi Hasibuan
Mara Judan Rambey

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 1 materi gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri 100209 Tn. Sukaramai menggunakan model pembalajaran inkuiri berbantuan media visual. Untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 1 materi gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri 100209 Tn. Sukaramai dengan menggunakan model Inkuiri berbantuan media visual. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian PTK. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 100209 Tn. Sukaramai yang berjumlah 31 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Inkuiri berbantuan media visual. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan secara bersiklus pada siklus I hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 20 orang dengan persentase 64,51% sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 11 orang dengan persentase 35,48%. Dan pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 27 orang dengan persentase 87,09% sedang yang belum mencapai KKM sebanyak 4 orang dengan persentase 12,90%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis media visual pada tema 8 subtema 1 materi gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri 100209 Tn. Sukaramai Kec. Angkola selatan Kab. Tapanuli Selatan dinyatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ekklesiya Tamba, Fransisca, Sukriadi Hasibuan, dan Mara Judan Rambey. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS IV SDN 100209 TN. SUKARAMAI KEC.ANGKOLA SELATAN KAB. TAPANULI SELATAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 04 (November 10, 2021): 1–6. Diakses Mei 10, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/159.
Bagian
Artikel

Referensi

Trianto. 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Konsep, landasan, dan implementasinya pada kuirikulum tingkat satuan pendidikan . Jakarta

Susanto, Ahmad. 2013. Belajar dan pembalajran di sekolah dasar. Jakarta

Fitrianingtyas, anggraini. 2017. Peningkatan hasil belajar ipa melalui model discovery learning siswa kelas iv SDN gedanganak 02: Universitas Kristen satya wacana. e-jurnalmitrapendidikan, vol 1

Kusumasari, Nuruliah.R. 2015. Lingkungan social dalam perkembangan psikologis anak. Bandung: Universitas BSI. Jurnal ilmu komunikasi. Vol.II

Sihombing, Rendi Pangestu.2018. pengaruh penggunaan model pembelajaran (PBI) terhadap hasil belajar ekonomi materi permintaan di kelas X SMA Negri 2 tukka. Tukka: Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal MISI Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Vol.1

Ni Pt Linda, dkk. 2018. Pengaruh model pembelajran inkuiri terbimbing berbantuan media visual terhadap hasil belajar ipa. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal mimbar PGSD Undiksha, Vol.6

Muh. Yusuf, dkk. 2015. Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ipa melalui model inkuiri berbantuan audi visual pada siswa kelas vi sd negeri model terpadu madani palu. Palu: Universitas Tadulako. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako,Vol.4

Mulia, dkk. 2016. PTK (Penelitisn tindakan kelas) dengan pembelajaran berbasis kearifan Lokal dan penulisan artikel ilmial di sd negeri kalibuse, banyumas. Banyumas: Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Ilmiah Kependidikan,Vol.9

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>