PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV SD NEGERI NO. 200402 SABUNGAN JAE
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nyata tentang 1) Untuk Mengetahui Apakah Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Gaya dan Gerak Kelas IV SD Negeri No. 200402 Sabungan Jae, 2) Untuk Mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw di Kelas IV SD Negeri No. 200402 Sabungan Jae. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), objek penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri No. 200402 Sabungan Jae. Selanjutnya ditetapkan subjek sebanyak 24 orang. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah tes, observasi dan kamera. Kemudian data hasil penelitian diolah dengan teknik analisa data yaitu ananalisa tes hasil belajar, análisis aktivitas guru dan análisis aktivitas siswa. Hasil belajar siswa meningkat melalui model pembelajaran Jigsaw di kelas IV SD Negeri No. 200402 Sabungan Jae, dapat dibuktikan pada siklus I persentase sebesar 41,67%, sikllus II adalah persentase sebesar 83,33%, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 42,21%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw untuk mampu meningkatkan hasil belajar siswa materi gaya dan gerak Kelas IV SD Negeri No. 200402 Sabungan Jae.
Kata Kunci : Jigsaw, Hasil Belajar Siswa, Gaya dan Gerak.
Abstract
This study aims to find out the real picture of 1) To find out whether the application of the Jigsaw Learning Model Can Improve Student Learning Outcomes for Class IV Elementary School No. 200402 Sabungan Jae, 2) To find out the application of the Jigsaw Learning Model in Class IV SD Negeri No. 200402 Fighting Jae. The type of research is Classroom Action Research (CAR), the object of this research is all students of SD Negeri No. 200402 Fighting Jae. Furthermore, the subject is set as many as 24 people. The instruments used as a data collection tool are tests, observations and cameras. Then the research data is processed by data analysis techniques, namely analysis of learning outcomes tests, analysis of teacher activities and analysis of student activities. Student learning outcomes increased through the Jigsaw learning model in grade IV SD Negeri No. 200402 Sabang Jae, it can be proven that in the first cycle the percentage is 41.67%, the second cycle is 83.33%, from the first cycle to the second cycle it has increased by 42.21%. Based on the results of the study, it can be concluded that the application of the jigsaw learning model to be able to improve student learning outcomes in the material of style and motion for Class IV SD Negeri No. 200402 Jae's Fighting.
Keywords: Jigsaw, Student Learning Outcomes, Style and Movement.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Arikunto, Suharsimi, 2008, Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Astiti, 2007, Model - Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Yogyakarta: Maghfirah Pustaka.
Dimyati & Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka. Cipta.
Hamalik, Oemar, 2014, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Isjoni, 2013, Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar. Kelompok. Bandung: Alfabeta. Juanda, M. Johar, R. Ikhsan, M.
Istarani, 2011, Model Pembelajaran Innovatif. Medan : Media Persada.
Majid, Abdul, 2014, Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Mulyono, 2003, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Purwanto, 2004, Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sardiman, 2011, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo.
Suprijono, Agus, 2009, Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Slameto, 2010, Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana, 2016, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana, 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Trianto, 2009, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-. Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Group.
_______, 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
_______, 2011, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Group.
UU No. 20 Tahun 2003