PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS V SD NEGERI 0304 SIUNDOL

Isi Artikel Utama

Novita Sari
Zulfadli Zulfadli
Sabri Sabri

Abstrak

 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa  materi Suhu dan Kalor  pada ranah kognitif menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 0304 Siundol. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan metode deskritif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil ulangan harian subtema Suhu dan Kalor yang diperoleh pada observasi awal dari 25 siswa tuntas belajar 10 siswa dengan persentase 40% dan yang tidak tuntas 15 siswa dengan persentase 60%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sebesar 74,2 mengalami peningkatan menjadi 82,2 pada siklus II. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 72% meningkat menjadi 88% pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi suhu dan kalor di kelas V SDN 0204 Siundol


 


Katakunci: Contextual Teaching and Learning, Suhu dan Kalor

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sari, Novita, Zulfadli Zulfadli, dan Sabri Sabri. “PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS V SD NEGERI 0304 SIUNDOL”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 168–175. Diakses April 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/950.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>