PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA SUMBER ENERGI MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS III SD NEGERI 200405 HUTAIMBARU

Isi Artikel Utama

Asbin Pasaribu
Sartika Rati Asmara Nasution
Monica Theresia

Abstrak

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik sub tema sumber energi menggunakan model Numbered Head Together (NHT) di kelas III SD Negeri 200405 Hutaimabaru Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), Objek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 200405 Hutaimbaru Padangsidimpuan.Subjeknya adalah sebanyak 23 orang.Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data adalah lembar observasi, Tes, dan Dokumentasi.Kemudian data hasil penelitian diolah dengan tehnik analisis tes hasil belajar, analisis aktivitas guru, dan analisis aktivitas siswa. Hasil belajar siswa pada sub tema sumber energi di kelas III SD Negeri 200405 Hutaimbaru tahun pelajaran 2021/2022 yang ditandai dengan  ketuntasan siswa setiap siklusnya. Yaitu pada siklus I memperoleh persentase 41% kategori cukup.Dan pada siklus II meningkat menjadi 75% dengan kategori Baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada sub tema sumber energi menggunakan model Numbered Head Together (NHT) di kelas III SD Negeri 200405 Hutaimbaru Padangsidimpuan.


Kata kunci: Model Numbered Head Together (NHT) dan Hasil Belajar Siswa.


Abstract


This study aims to determine the description of improving student learning outcomes in thematic learning of energy sources using the Numbered Head Together (NHT) model in class III SD Negeri 200405 Hutaimabaru, Padangsidimpuan Hutaimbaru District. This type of research is classroom action research (PTK), the object of the research is the third grade students of SD Negeri 200405 Hutaimbaru Padangsidimpuan. The subjects are 23 people. The instruments used as data collection tools are observation sheets, tests, and documentation. Then the research data is processed. with analysis techniques of learning outcomes test, teacher activity analysis, and student activity analysis. Student learning outcomes in the sub-theme of energy sources in class III SD Negeri 200405 Hutaimbaru in the academic year 2021/2022 which is marked by the completeness of the students in each cycle. Namely, in the first cycle, it was obtained a percentage of 41% in the sufficient category, and in the second cycle it increased to 75% in the Good category. Based on the research results, it can be concluded that there is an increase in student learning outcomes in the sub-theme of energy sources using the Numbered Head Together (NHT) model in class III SD Negeri 200405 Hutaimbaru Padangsidimpuan.


Keywords: Numbered Head Together (NHT) Model and Student Learning Outcomes.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pasaribu, Asbin, Sartika Rati Asmara Nasution, dan Monica Theresia. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA SUMBER ENERGI MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS III SD NEGERI 200405 HUTAIMBARU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 3 (Agustus 10, 2021). Diakses November 24, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/95.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 2 3 4 5 6 7