PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI ASSEMBLR EDU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA

Penulis

  • Rina Rizki Simamora ipts
  • Rahmad Fauzi
  • Ermawita

Kata Kunci:

media pembelajaran, minat, Assemblr Edu, Metode Eksperimental

Abstrak

Belum adanya penggunaan media pembelajaran menggunakan aplikasi Assemblr Edu yang dapat digunakan dan dimanfaatkan setiap saat khususnya pada mata pelajaran Simulasi Digital di SMK Swasta Abdi Negara 2 Padangsidimpuan. Maka peneliti ingin melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran assemblr edu terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Swasta Abdi Negara 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimental. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMK Swasta Abdi Negara 2 Padangsidimpuan yang terdiri dari 1 kelas berjumlah 22 siswa. Berdasarkan hasil uji t menggunakan SPSS 22 pada tabel 4.9 Bab 4 hasil analisis uji t nilai signifikan yang diperoleh 14,252. Sedangkan ttabel diketahu sebesar 1,725 maka thitung > ttabel yaitu 14,252 > 1,725. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif dapat diterima dan di uji kebenarannya, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran menggunakan aplikasi Assemblr Edu terhadap minat belajar siswa kelas X Otomotif di SMK Swasta Abdi Negara 2 Padangsidimpuan.

 

Referensi

Ariyanti. Lin. Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Angket Kemandirian Belajar Matematik. journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA. Volume 1 Tahun 2019; 2.

Atmaja, Juanda Dipura, Nanda. Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Interakttif 3D Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality dengan Android. Jurnal UMJ. Tahun 2018.

Ayu, Wijayanti, Ni Putu. Luh Putu Eka Damayanti. I Made Gede Sunarya, dan I Made Putrama. Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Untuk Siswa Kelas X Studi Kasus di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Keguruan. Volume 13 Tahun 2016; 184.

Hafzah, Nuur dkk. Meta-Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Digital dalam Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Biologi Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 6. No. 04 Tahun 2020; 541-549.

Hikmawan, Tri. Salino, Alit. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 3. No. 1 Tahun 208; 79-86.

Juansyah, Andi. Penggunaan Aplikasi Child Tracker Brbasis Assisted – Global Positioning System (A-GPS) dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA). Volume I Tahun 2015; 1-8.

Menrisal. Nadia Rizki Utamai. Perancangan Pembuatan Media Pembelajran Android pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital (Studi Kasus Kelas X SMKN 7 Kerinci). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. Vol. 6 No. 1 Tahun 2019; 1-11.

Muhajir. Rahmat Musfikar. dan Hazrullah. Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo terhadap Minat dan Hasil Belajar (Studi Kasus di SMK Negeri Al Mubarkeya). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. Vol. 3. No. 1 Tahun 2019; 50-56.

Nurhasanah, Siti dan Sobandi, A. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Volume 1 Tahun 2016; 128-135.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Prenadamedia Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-02-26

Cara Mengutip

Rina Rizki Simamora, Rahmad Fauzi, & Ermawita. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI ASSEMBLR EDU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA . JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 2(3), 30–35. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1360

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>