PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X DI SMK NEGERI

Penulis

  • Dandi Irawan Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rahmad Fauzi
  • Sari Wahyuni Rozi Nasution

Kata Kunci:

media pembelajaran, canva, mina

Abstrak

Media pembelajaran merupakan salah satu alternatif  yang sering digunakan guru dalam menyampaikan materi maupun bahan ajar kepada siswa. Media pembelajaran mengarah pada sesuatu yang dapat meneruskan informasi dan penerima informasi dalam pendidikan. Media pada mata pelajaran dapat membantu guru dalam menyajikan materi yang abstrak menjadi konkrit, materi yang rumit menjadi mudah di pahami, dan meningkatkan minat serta prestasi belajar siswa untuk mencapai standar kelulusan yang telah di tentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran canva terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X di SMK Negeri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu penelitian dengan memperoleh data berbentuk angka, pada penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen dengan desain pre eksperimental design dengan jenis desain one group pretest posttest. Dimana penelitian ini hanya menggunakan one group dalam melakukan eksperimen. Dimana pada awal kegiatan dilakukan pretest terlebih dahulu sebelum dilakukan penerapan media. Setelah dilakukan penerapan maka dilakukan posttest terhadap kelas yang sama. Dari hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi sig. (2-tailed) lebih kecil dari(0,000<0,05) atau t hitung > t table (29,388>0,444). Maka terdapat perbedaan pada minat belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar sebelum dan sesudah media canva diterapkan. Ketentuan hipotesis diterima apabila nilai signifikansi dibawah atau sama dengan 0,05 maka hipotesis alternatif diterima. Dan hipotesis ditolak apabila nilai signifikansi lebih besar dari 0,05.

Referensi

Harsiwi, 2020. Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 4 Tahun.

https://smkn1panjalu.sch.id/sejarah-komputer-komputer-dan-jaringan-dasar/ 27 Februari 2022.

https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-jaringan-komputer/ 27 Februari 2022.

Ricardo, 2017. Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran Vol. 2 No. 2.

Depdiknas RI. (2015). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta.

Jubilee Enterprise, 2021. Desain Grafis dengan Canva Untuk Pemula. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-02-26

Cara Mengutip

Dandi Irawan, Rahmad Fauzi, & Sari Wahyuni Rozi Nasution. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X DI SMK NEGERI . JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 16–26. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1471

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>