PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERBASIS ISPIRING SUITE TERHADAP MINAT
Kata Kunci:
Problem Based Instruction (PBI), , minat belajar, Ispiring SuiteAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Penggunaan Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Di SMKN 1 Portibi. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Portibi. Metode yang digunakan medote Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini kelas X TKJ berjumlah 13 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu Total Sampling Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara dan angket. Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil perhitungan analisis deskriptif ditemukan nilai rata-rata penggunaan model pembelajaran PBI diperoleh nilai rata-rata pada pertemuan ke-1 sebesar 80.38 kategori “Sangat Baik”, pertemuan 2 sebesar 91.15 kategori “Sangat Baik”. Minat belajar siswa (pretest) angket dengan nilai sebesar 80.38 kategori “Sangat Baik”, untuk Minat belajar siswa (posttest) angket dengan nilai sebesar 91.15 kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil uji hipotetis yang dilakukan dengan menggunakan rumus uji “t” diperoleh nilai signifikan sig (2-tailed) lebih kecil dari (0,000 < 0,05) atau t hitung> ttabel dengan nilai standar deviasi 14.698 dan derajat kebebasan (df) 21. Berdasarkan hasil konsultasi nilai tersebut, maka hipotetis alternatif diterima atau disetujui kebenarannya yaitu “Terdapat Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran problem Based Instruction (PBI) Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMKN 1 Portibi”.
Referensi
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiningsih, Asri. 2018.Belajar Dan Pembelajaran,Jakarta: Rineka Cipta.
Charmonman dalam dasto. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispiring Suite 9.
Nasution, Eline Yanty Putri. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa.
Sirait, Erlando Doni. Pengaruh Minat Terhadap Prestasi. Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik . Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Volume 6 Nomor 1 Tahun 2016
Fauziah, Amni. 2017. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tanggerang. Universitas Muhammadiyah Tanggerang. Jurnal. Vol. 4 No. 1.
Fuad, Zaki AL. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas 1 SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa. Volume 3 Nomor 4 Tahun 2019.
Hakim, Amir Andi. Pengaruh perasaan, Ketertarikan dan Keterlibatan Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Peserta Didik Pada SMA Pada Binjai. Jurnal Visipena Volume 9, Nomor 2, Tahun. 2018.
Hamalik. Oemar. 2017. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim, Muslimin, Verlita Rochma. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis iSpiring suite 8 Pada Materi Bakteri Untuk Siswa Kelas X SMA
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran inovatif. Medan: Media Persada.
Juraev A. R. 2019. Using The Ispiring Sui Using The Isping suite Software To Evaluate Future Te Future Teacher’s Profesional Competencies. Central Asian Problems Of Modern Science And Education.
Hadi, Khairil, & Neka Vidarma Susanti. 2017. Pengaruh Model Pembeljaran Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Percernaan Manusia Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Meureubo Kabupaten Aceh Barat.
Komari, Noor Pratiwi. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tanggerang. Jurnal Pujangga Volume 1, Nomor 2 Tahun 2015.