PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN EMAZE DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS X TKJ PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR

Penulis

  • Ernilawati Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Sari Wahyuni Rozi Nasution
  • Ahmad Zainy

Kata Kunci:

pbl, pemrograman, analisis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis praktikum pada mata pelajaran pemprograman dasar di kelas X RPL SMK Negeri 1 Angkola Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan bulan Agustus. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan informan Guru Mata Pelajaran Pemprograman Dasar dan seluruh siswa dan siswi Kelas X RPL -1 SMK Negeri 1 Angkola Timur sedangkan objek dari penelitian ini adalah analisis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis praktikum pada mata pelajaran pemprograman dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan  hasil penelitian melalui penyebaran angket ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis praktikum ini memiliki rata-rata 84,4% dalam kategori “sangat siap” layak dan baik digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas itu dilihat dari respon siswa yang terdapat pada hasil angket yang di isi oleh para siswa kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Angkola Timur.

Referensi

Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya,

G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Roushandy Asri Fardani, S.Si., M.Pd Jumari Ustiawaty, S.Si., M.Si Evi Fatmi Utami, M.Farm., A., Dhika Juliana Sukmana, S.Si., M. S., & Ria Rahmatul Istiqomah, M. I. K. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March). CV. Pustaka Ilmu.

Helmiati. 2012. Model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Perssindo.

Jasmalinda.(2021). Pengaruh Tangibles, Reability,

Responsiveness, Assurance dan Empathy Terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Koperinding Mentawai. Jurnal Inovasi Penelitian. 1 (10):256.

Prasetyo, I. A., Harimurti, R., Baskoro, F. &

Rakhmawati, L.(2021). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Rajasa Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10, 19-28.

Prihatin, Y. (2019). Model Pembeljaran Inovatif Teori dan Aplikasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Buku Model Pembelajaran Inovatif. Jombang: MANGGU MAKMUR TANJUNG LESTARI.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019).

Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya.

Sofyan, H., Wagiran, Komariah, K., &

Triwiyoni, E. 2017. Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : UNY Press.

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-05-22

Cara Mengutip

Ernilawati, Sari Wahyuni Rozi Nasution, & Ahmad Zainy. (2024). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN EMAZE DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS X TKJ PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR . JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 90–94. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1270

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2