PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN WISUDA ONLINE BERBASIS WEB DI IPTS ( INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN )

Penulis

  • Safridawati Daeli Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rahmad Fauzi institut pendidikan tapanuli selatan
  • Ahmad Zainy institut pendidikan tapanuli selatan

Kata Kunci:

sistem, berbasis web, wisuda online, pendaftaran

Abstrak

Teknologi revolusi zaman kini semakin berkembang dengan seiring meningkatnya kebutuhan Dalam memasuki dunia globalisasi, kita ketahui teknologi semakin maju dapat mempermudah melakukan berbagai bentuk  kegiatan dalam kehidupan. Kemajuan dibidang transportasi, komunikasi, kesehatan, pendidikan dan bidang lainnya merupakan contoh-contoh bahwa kita semakin memerlukan teknologi dalam kehidupan ini. Sistem Informasi merupakan salah satu kebutuhan di dalam suatu instansi, perusahaan, organisasi, lembaga serta lingkungan yang berada di luar sistem. Sistem Informasi dianggap sangat penting karena dengan adanya informasi dapat menambah pengetahuan, mengurangi ke tidak pastian dan resiko kegagalan serta dapat membantu para pemimpin dalam mengambil suatu kesimpulan dan keputusan yang efektif dan efisien. Wisuda di IPTS dilakukan dua kali dalam setahun. Sebelum melakukan wisuda biasanya mahasiswa melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran wisuda di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan masih dilakukan secara manual. Hal ini menyebabkan kurang efisien dalam melakukan pendaftaran wisuda dibagian administrasi karena tidak terkomputerisasi secara online sehingga akses ke database tidak sinkron secara otomatis. Hasil penelitian ini diharapkan bagi mahasiswa, untuk mempermudah calon wisuda dalam pendaftaran wisuda melalui web dan mengetahui informasi sekitaran wisuda ataupun penjadwalan wisuda. Bagi admin (staf), sebagai admin pengolahan data, mempermuda proses pendataan yang sudah mendaftar wisuda dan memberikan informasi lebih akurat dalam penyampaian informasi sekitaran wisuda.

Referensi

Abdul Kadir, (2012-2013), Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP, Yogyakarta.

Bibliography Jingga, D. M. (2019). Sistem Informasi Pendaftaran WisudaOnline. Studi Kasus: UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Nuryasin, Aplikasi Sistem Informasi Pendaftaran Wisuda Berbasis Online Studi Kasus FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,j. Sist.Inf., Vol.9, no.1, pp 99-112,2016.

Mulyani, S., 2017. Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Abdi sistematika.

Pribadi Basuki, Awan.(2015), Membangun Web Berbasis PHP dengan Framework Codeigniter, Loko Media, Yogyakarta.

Yakub.(2012), Pengantar Sistem Informasi, Edisi Pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-05-20

Cara Mengutip

Safridawati Daeli, Rahmad Fauzi, & Ahmad Zainy. (2024). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN WISUDA ONLINE BERBASIS WEB DI IPTS ( INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN ). JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 2(3), 49–57. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1508

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>