EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CANVA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI INSTALASI JARINGAN KOMPUTER DI KELAS X RPL SMK NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR

Penulis

  • Fitri Megawati Pasaribu Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Hanifah Nur Nasution Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Nurhidayah Fithriyah Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

motivasi belajar, aplikasi canva, media pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva terhadap motivasi belajar siswa kelas X RPL SMK Negeri 1 Angkola Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populais yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kelas X RPL1  dan kelas X RPL2, berjumlah 48 siswa. Sampel penelitian menggunakan teknik sample random sampling sebanyak 24 siswa. Gambaran penggunaan media pembelajaran aplikasi Canva kelas X RPL1 SMK Negeri 1 Angkola Timur diperoleh nilai rata-rata 84,83 berada pada kategori “Baik”. Motivasi belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran aplikasi Canva diperoleh nilai rata-rata 87,29 dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan untuk menguji hipotesis yang diperoleh 0,444. Dari hasil perhitungan yang dilakukan, diperoleh nilai signifikansi pada kelas X RPL SMK Negeri 1 Angkola Timur dengan demikian hipotesis dapat diterima. Artinya penggunaan media pembelajaran aplikasi Canva efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi instalasi jaringan komputer di kelas X RPL SMK Negeri 1 Angkola Timur.

Referensi

Arianti. 2018. Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, Fakultas Tarbiyah IAIN Bone. Vol 12. No 2. 1978-0214.

Amrina, Mudinillah, A, Hafiz, A. 2021. Pemanfaatan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Kitabah di SMPIT Brilliant Batusangkar Kelas 7. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Institut Agama Islam Sunan Kalijago Malang. Vol3. No 2. 2721-9488.

Agustina, R, Afriana, A, Safrina. 2018. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kebermanfaatan, Resiko dan Kepercayaan terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking Pada Pt Bank bukopin Tbk Banjarmasin. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 11. No 2.

Micro, Andi. 2012. Dasar-Dasar Jaringan Komputer. Edisi Revisi.

Djamaluddin, A, Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran. CV Kaaffah Learning Center.

Bakhruddin, M, Dkk. 2021. Strategi Belajar Mengajar. CV Agrapana Media.

Cahyani, A, dkk. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam.Vol 3. No. 01. 123-140

Diana, P dan Jaya, P. 2021. Pengembangan materi Ajar Dasar Listrik dan Elektonika Berbasis Canva di SMK Negeri 5 Padang. Jurnal Vocational Informatika Teknik Elektronika an Informatika. Vol 9. No 1. 2716-3989.

Dolong, J. 2016. Teknik Analisis Dalam Komponen Pembelajaran. Vol 5. No 2

Fauziah, A, Rosnaningsih, A, Ashar, S. 2017. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga O5 Kota Tangerang. Doi: Http://dx.doi.org/10.26555/jpsd. Vol 4. No1. 2614-0136.

Febrianti, Yopi. Peningkatan Motivasi Belajar dengan Pemberian Reward and Punishament yang Positif. Jurnal Edunomic. Vol 6. No 2. 2337-571X.

Handono, w, f, Bastari, J. 2014. Optimalisasi Swich Untuk Penambahan Laju Kecepatan Data Pada Jaringan Komputer. Jurnal Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Tekhnologi (KNIST).33-39

Idzhar, A. 2016. Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office. Vol 2. No 2.

Kholid, F, Soemarso, E. 2018. Analisis Pengaruh Keamanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Nasabah dan Kebermanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E- Banking Pada PT Bank BNI Syasriah Kcp Magelang. Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankang Syariah. Vol 8. No 2.

Kurniawan, A, dan Puspitaningtiyas, Z. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku.

Maskuri, A, Kurniawan, Dkk. 2019. Kepercayaan Kemudahan Penggunaan dan Electronik Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Online. Jurnal Manajemen Kewira Usahaan. Vol 16. No 2. 2654-9247.

Mais, A. 2016. Media Pembelajaran. Cv Pustaka Abadi.

Melinda, T dan Saputra , R, E. 2021. Canva Sebagai Media Pembelajaran Ipa Materi Perpindahan Kalor di Sd. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. Vol 5. No 2. 2541-0202.

Muhlis. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistim Koloid SMAN 4 Bantimurung Maros. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan dan Pembelajaran. Vol 2. No 1. 2549-9203.

Mulyadi, A, dkk. 2018. Pengaruh Kepercayaan Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Online Lazada. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan.Vol XV. No 2.

Maskuri, A, dkk. 2019. Kepercayan , Kemudahan Penggunaan dan Electronoc Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Online. Jurnal Manajemen Kewirausahaan. Vol 16. No 2. 2654-9247.

Mila, N, dkk. Efektivitas Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring. Proseding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian 2021. 979-623

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-05-21

Cara Mengutip

Fitri Megawati Pasaribu, Hanifah Nur Nasution, & Nurhidayah Fithriyah. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CANVA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI INSTALASI JARINGAN KOMPUTER DI KELAS X RPL SMK NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 61–65. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1501