ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER

Penulis

  • Zulpahmi Nasuiton institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rahmad Fauzi institut pendidikan tapanuli selatan
  • Mutiara institut pendidikan tapanuli selatan

Kata Kunci:

Media pembelajaran, Powtoon, Minat Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui Kesulitan yang dihadapi siswa dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK Negeri 1 Panyabungan, 2) Untuk mengetahui faktor-faktor Kesulitan Belajar dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di Kelas X SMK Negeri 1 Panyabungan. Metode penelitian pendidikan dapat diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid, reliabel dan obyektif dengan tujuan untuk menggambarkan, membuktikan, mengembangkan, menemukan, dan menciptakan ilmu, produk dan tindakan baru sehingga dapat digunakan untuk memahami, memecahkan, mengantisipasi masalah, dan membuat kemajuan dalam bidang pendidikan. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian melalui penyebaran angket dan wawancara bahwa terdapat kesulitan belajar siswa pada pembelajaran daring. Hal ini dibuktikan dari hasil angket kesulian belajar siswa yang memiliki rata-rata 68,2% dalam kaegori “inggi” hal ini sejalan dengan hasil wawancara yang dilakukan peneliti terhadap guru bahwa kesulitan belajar ataupun pemahaman terhadap materi pada saat pembelajaran daring pada mata pelajaran sistem komputer sangat menurun.

Referensi

Anzar Febri Safari. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas X SMK 5 Aceh Barat. Volume 4 Nomor 1.

Ambar Indriastuti, dkk. 2017 Pengaruh Kesiapan Belajar Siswa Dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Informasi Dan Komunikasi

Anggrawan (2019:340) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X SMK Negeri 2 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik,Vol 4, No.1

Fuja Siti Fujiawati. 2019. Analisis Mahasiswa Pendidikan Seni Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Online (E-learning& Model Jurnal Pedidikan dan Kajian Seni.Vol.4, No.2.

Darojaturroofi’ah. 2021. Kesiapan Pembelajaran Daring Perspektif Geografis. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora. Volume 7 Nomor 7.

Nasution, H. N. (2022). PERANCANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8.5 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS IX SMP NEGERI 5 MUARA BATANG GADIS. Jurnal Education and Development, 10(1), 438-444.

Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8-8.

Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem Pengenalan Biji Kopi Arabika, Robusta, Liberika, Dan Eksalsa Mengunakan Metode S Yuleq. Jurnal Education And Development, 10(1), 415-418.

Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69-69.

Nasution, S. W. R., & Nasution, H. N. (2020). Perancangan dan Implementasi Bahan Ajar Berbasis Penelitian Microsoft Office 2013 pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development, 8(4), 415-415.

Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., Fauzi, R., & Harahap, M. S. (2020). Pengaruh Promosi Perguruan Tinggi terhadap Peningkatan Peluang Kerja pada Warga Desa Sampean. Jurnal Education and Development, 8(2), 16-16.

Nasution, S. W. R., Siregar, L. H., & Situmorang, R. S. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 269-274.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-08-21

Cara Mengutip

Nasuiton, Z., Rahmad Fauzi, & Mutiara. (2024). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(2), 23–28. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/2137

Terbitan

Bagian

Informatika

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2