PERANCANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH C6 TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMKOMDIG DI SMKS LMC MODEL INDUSTRI

Penulis

  • Astri puspita institut pendidikan tapanuli selatan
  • Hanifah Nur Nasution
  • Sari Wahyuni Rozi Nasution

Kata Kunci:

bahan ajar, media pembelajaran, aplikasi autoplay, adobe flash cs 6

Abstrak

Permasalahan yang ditemukan Kurangnya pemahaman peserta didik pada materi yang diberikan oleh guru dikarenakan terlalu banyak sehingga siswa sulit untuk mengingat serta kurangnya siswa dalam menangkap materi yang telah diberikan. Siswa juga masih kurang dalam mengemukakan pendapatnya masing – masing sehingga siswa cenderung lebih banyak diamnya sehingga tingkat kekreativitasnya dalam belajar masih sangat kurang.  Solusi yang ditawarkan oleh peneliti adalah dengan adanya bahan ajar berbasis media pembelajaran Adobe Flash Cs 6 diharapkan dapat menampilkan sesuatu yang yang membuat ketertarikan siswa terhadap pembelajaran menjadi semakin meningkat, dan juga membuat siswa lebih memahami materi yang akan disampaikan oleh guru. Untuk mengetahui apakah perancangan bahan ajar berbasis media pembelajaran Adobe Flash Cs 6 dapat menghasilkan kreativitas siswa pada mata pelajaran SIMKOMDIG metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Kuantitatif Deskriftif. hasil penelitian bahan ajar berbasis media pembelajaran Adobe Flash Cs 6 terhadap kreatifitas siswa pada mata pelajaran SIMKOMDIG, adalah semakin banyak guru yang menggunakan bahan ahar berbasis media pembelajaran Adobe Flash Cs 6 maka semakin baik pula proses siswa sehingga mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Referensi

Ardiningsih Dini. 2019. Pengembangan Game Kuis Interaktif Sebagai Instrumen Evaluasi Formatif Pada Mata Kuliah Teori Musik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Volume 6 Nomor 1.

Astitu Irna Agustina Dwi,dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android. Jurnal Penelitian Pengembangan Pendidikan Fisika. Volume 3 Nomor 1.

Farhan Muhammad. 2020. Perancangan Sistem Inventori dan Penjualan Pakaian di Konveksiaulia Collection. Jurnal Reset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika. Volume 1 Nomor 2.

Hidayatulloh Kholik,dkk. 2020. Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Dana Sehat Pada Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Metro. Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer. Volume 1 Nomor 1.

Juabaidah siti,dkk. 2020. Penggunaan Google Sites Pada Pembealajaran Matematika Materi Pola Bilangan Smp Kelas VIII SM PN 1 Astambul. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Volume 15 Nomor 2.

Kboir Hamdi Muhammad,dkk. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran E - Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil. Volume 9 Nomor 1.

Kesumaningtyas Febby,dkk. 2020. Perancangan Sitem Pakar Diagnosa Penyakit RHEUMATIC Dengan Metode Forward Chaining. Jurnal Teknoif. Volume 8 Nomor 2.

Latifah Tri Ajeng Nurul. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Maps pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 2. Jurnal Of Social Selence Education. Volume 2 Nomor 2.

Mekarningsih Ni Kadek Ayu,dkk. 2015. Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 3 Nomor 1.

M.Kamal. 2020. Research And Development (R&D) Tadribat/ Drill Madrasah Aliyah Class x Teaching Materials Arabic Language. Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora. Volume 4 Nomor 1.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-02-22

Cara Mengutip

puspita, A., Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2022). PERANCANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH C6 TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMKOMDIG DI SMKS LMC MODEL INDUSTRI. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 2(1), 7–9. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/239