PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBASIS GAMES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Penulis

  • RAGITA CAHYANI PUTRI SORMIN Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Sari Wahyuni Rozi Nasution Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Ahmad Zainy Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

problem base learning, games, teknologi informasi dan komunikasi

Abstrak

Model pembelajaran Problem Based Learning ini diharapkan dapat melatih siswa memecahkan masalah dan memiliki solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Batangtoru yang beralamat di Aek Pining, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen ataupun disebut juga desain penelitian eksperimen. Metode penelitian eksperimen adalah metode yang digunakan untuk melihat pengaruh dari variabel tertentu terhadap variabel lain.. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas XI SMA Negeri 1 Batangtoru, peneliti menarik kesimpulan yang didasarkan pada hasil pengumpulan data adalah terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Games Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas XI di SMA Negeri 1 Batangtoru, berdasarkan perhitungan SPSS statistic 22 pada tabel untuk pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansinya 0,000 < 0,05 artinya hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini diterima dan disetujui kebenarannya. Dengan mengunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Games terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas XI SMA Negeri 1 Batangtoru.

Referensi

Agus, Mujahidin, A., Hanifah Salsabilah, U., Luthfi Hasanah, A., Andani, M., & Aprillia, W. 2021. Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway dan Worldwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Jurnal Innovative. 1 (2).

Kilauwati, N., Muchtar, Y. R., & Darman, D. R. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Gerak Harmonis Sederhana. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika. 1 (1).

Lambert, J., &Cox, J. 2013.Step By Step MicrosoftWord 2013. United States of America: Microsoft Press

Muzeliati, Auliah, A. & Agustinawati. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia”. Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan. 2 (1).

Nurhidayati, A. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Ranah Afektif Melalui Pembelajaran Model Motivasional. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan. 6 (2).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tampubolon, Saur .M. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-02-13

Cara Mengutip

RAGITA CAHYANI PUTRI SORMIN, Sari Wahyuni Rozi Nasution, & Ahmad Zainy. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBASIS GAMES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 30–37. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1517

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>