PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP BERBASIS VISUAL BASIC 6.0 DI SMK NEGERI 1 BATANG ONANG
Kata Kunci:
Perancangan, Pembayaran SPP, Visual Basic 6.0, MySQLAbstrak
Perkembangan teknologi informasi era sekarang semakin berkembang dengan cepat, seiring meningkatnya kebutuhan manusia akan teknologi dan informasi. Lembaga pendidikan tidak lepas dari tuntutan di zaman yang serba cepat dan tepat untuk mengatasi persoalan dengan memanfaatkan teknologi sebagai solusi pemecahan dengan menggunakan sistem pengolahan data untuk dapat memperoleh informasi dan juga hasil sesuai dengan yang diharapkan, misalnya pada sistem pembayaran khususnya pembayaran SPP siswa. SMK Negeri 1 Batang onang belem memanfaatkan sistem informasi apapun dalam proses pembayaran SPP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perancangan sistem informasi pembayaran SPP berbasis Visual basic 6.0 di SMK Negeri 1 Batang Onang menggunakan bahasa pemrograman Visual basic dan database MySQL dengan menggunakan model pengembangan SDLC dan metode pengembangan waterfall. Dengan adanya Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Visual Basic 6.0 yang telah dirancang mampu mempermudah pekerjaan pihak bendahara komite sekolah dalam mengelola pembayaran SPP serta mengelola data laporan di SMK Negeri 1 Batang Onang. Sistem informasi yang telah dirancang memiliki tingkat kevalidan media sebesar 83% dengan kategori “sangat baik” dan memiliki tingkat kepuasan pengguna sistem informasi sebesar 92% dengan kategori “sangat puas”.
Referensi
Aisyah, Nasution H.N (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software Pada Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 7–11
Fahroji A,Nasution H.N, “Evektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Sparkol Videoscribe Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik”, VN, vol. 3, no. 1, hlm. 1–6, Feb 2023.
Fauzi, R., & Nasution, H. N. (2021). Peggunaan MEDIA Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa SMKN 1 Tantom Angkola. Jurnal Education and Development, 9(3), 426-430.
Fauzi, R., Zainy, A., Nasution, H. N., Nasution, F. H., & Simanjuntak, F. A. (2023). Perancangan Aplikasi Pariwisata Berbasis Android Di Kota Padang Sidempuan. Jurnal Education and Development, 11(1), 437-442.
harahap Nasution H.N. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas X Sman 1 Angkola Selatan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 51–56
Harianja, Nasution H.N. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Menggunakan Assembler Edu Pada Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 83–89.
Hasibuan, Nasution H.N. dkk (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Csh Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Gambar (Bitmap) Kelas X Multimedia Di Smk Negeri 4Padangsidimpuan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 37–41
Hidayat, T., Nasution, H. N., Nasution, S. W. R., & Fauzi, R. (2019). Sistem Pakar Untuk
Mendiagnosa Penyakit Lupus Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Education and Development, 7(3), 114-114.
Lubis K, Nasution H.N. (2023). Analisis Minat Belajar Terhadap Pelajaran Jaringan Dasar Di Smk Negeri 1 Panyabungan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 7–10
Lubis, Siregar A, & Nasution H.N. (2023). Implementasi Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Pasar Saroha Kota . Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 54–61.
Muhammad Ricky Rahman, Hanifah Nur Nasution, Ahmad Zainy, & Ermawita. (2023). Perancangan Modul Ajar Aplikasi Coreldraw Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di Smk Negeri 2 Panyabungan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 48–53.
Muji, Nasution H.N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Berbantu Aplikasi Anyflip Pada Mata Pelajaran Ipa Biologi. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 29–34
Nasution, H. N. (2022). Perancangan Bahan Ajar Berbasis Media Pembelajaran Autoplay Media Studio 8.5 Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kelas Ix Smp Negeri 5 Muara Batang Gadis. Jurnal Education and Development, 10(1), 438-444.
Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8-8.
Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem Pengenalan Biji Kopi Arabika, Robusta, Liberika, Dan Eksalsa Mengunakan Metode S Yuleq. Jurnal Education And Development, 10(1), 415-418.
Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69-69.
Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2022) “Mendesain Secara Praktis dengan Corel Draw” PT. Nasya Expanding Management , 1-142
Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2023) “Bahan Ajar Aplikasi Belajar Media Interaktif dengan iSpiring Suite 8” PT. Nasya Expanding Management , 1-66
Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2024) “Panduan Lengkap Microsoft Office 2016 Ms. Word, Ms. Power Point , dan Ms. Excel Untuk Pemula hingga Mahir, 1-146
Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2024) “Perkembangan Peserta Didik dalam Menghadapi Revolusi Perkembangan teknologi Informasi” Pena muda, 1-196
Novia, Nasution H.N. (2023). Perancangan Modul Panduan Penggunaan Aplikasi Construct 2 Sebagai Alat Bantu Media Pembelajaran Di Smk Negeri 1 Batang Angkola. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 121–125
Pasaribu, Nasution H.N. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Instalasi Jaringan Komputer Di Kelas X Rpl Smk Negeri 1 Angkola Timur. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 61–65.
Pranata, Nasution H.N. (2023). Rancang Bangun Buku Ajar Tik Berbasis Android Di Sma Negeri 1 Batangtoru. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 12–15.
Rambe, I. N., Nasution H.N, Nasution. S. W. R. (2024). Perancangan Modul Praktikum Berbasis Web Pada Materi Algoritma Dan Pemrograman Di Sma Negeri 1 Batangtoru. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 17–20.
Salsabilah, Nasution H.N, Nasution. S. W. R Hidayat T, (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Smart Apps Creator Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Perangkat Eksternal/Peripheral Komputer. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 42–47
Sarkiah, Nasution H.N Nasution. S. W. R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Berbasis
Ispiring Suite Terhadap Minat . Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 9–16
Sartika, Nasution H.N. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas Xi Tkj Di Smk Negeri 1 Batang Angkola. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 38–44
Simorangkir, Nasution H.N dkk(2023). Perancangan Modul Praktikum Berbasis Android Pada Materi Perakitan Komputer Di Smk Negeri 1 Lumut. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 70–72.
Siregar Nasution H.N ,Hidayat T. (2023). Analisis Kesiapan Belajar Siswa Dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Pemrograman Dasar. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 1–5.
Yeni, Nasution H.N. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Cs6 Pada Materi Sistem Operasi Jaringan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 45–50.