PERANCANGAN MODUL PRAKTIKUM PENGGUNAAN APLIKASI PREZI SMK SWASTA TERUNA PADANGSIDIMPUAN

Penulis

  • Putri Ningsih Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Hanifah Nur Nasution institut pendidikan tapanuli selatan
  • Ermawita institut pendidikan tapanuli selatan

Kata Kunci:

Perancangan, Modul Praktikum, Aplikasi Prezi, ADDIE

Abstrak

Perkembangan teknologi yang disertai perkembangan ilmu pengetahuan disegala bidang mendorong hampir semua instansi dalam teknologi yang berbasis computer. Oleh karena itu guru dituntut untuk membangun motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui peningkatan kemampuan ingatan dan partipasi siswa dalam pembelajaran. Salah satunya adalah dangan adanya modul praktikum yang dapat dijadikan pedoman belajar bagi siswa maupun guru. Modul adalah suatu bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik yang mencakup kompetensi, isi materi, lembar kegiatan peserta didik, hingga evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri maupun kelompok guna mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perancangan modul praktikum penggunaan aplikasi prezi dan untuk mengetahui kelayakan modul praktikum. Penelitian ini menggunakan Metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan Model atau pendekatan ADDIE yang terdiri dari: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Subjek penelitian yaitu guru tkj SMK Swasta Teruna Pangsidimpuan yang berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa data ahli modul pratikum, angket respon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli modul praktikum nilai persentase 88,8%, dan dapat dikategorikan sangat valid. Selanjunya  hasil persentase kelayakan dari respon guru mendapatkan nilai persentase 86,4% dengan mendapatkan kategori sangat baik.

 

 

Referensi

Aisyah, Nasution H.N (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software Pada Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 7–11

Fahroji A,Nasution H.N, “Evektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Sparkol Videoscribe Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik”, VN, vol. 3, no. 1, hlm. 1–6, Feb 2023.

Fauzi, R., & Nasution, H. N. (2021). Peggunaan MEDIA Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa SMKN 1 Tantom Angkola. Jurnal Education and Development, 9(3), 426-430.

Fauzi, R., Zainy, A., Nasution, H. N., Nasution, F. H., & Simanjuntak, F. A. (2023). Perancangan Aplikasi Pariwisata Berbasis Android Di Kota Padang Sidempuan. Jurnal Education and Development, 11(1), 437-442.

harahap Nasution H.N. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas X Sman 1 Angkola Selatan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 51–56

Harianja, Nasution H.N. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Menggunakan Assembler Edu Pada Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 83–89.

Hasibuan, Nasution H.N. dkk (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Csh Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Gambar (Bitmap) Kelas X Multimedia Di Smk Negeri 4Padangsidimpuan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 37–41

Hidayat, T., Nasution, H. N., Nasution, S. W. R., & Fauzi, R. (2019). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Lupus Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Education and Development, 7(3), 114-114.

Lubis K, Nasution H.N. (2023). Analisis Minat Belajar Terhadap Pelajaran Jaringan Dasar Di Smk Negeri 1 Panyabungan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 7–10

Lubis, Siregar A, & Nasution H.N. (2023). Implementasi Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Pasar Saroha Kota . Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 54–61.

Muhammad Ricky Rahman, Hanifah Nur Nasution, Ahmad Zainy, & Ermawita. (2023). Perancangan Modul Ajar Aplikasi Coreldraw Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di Smk Negeri 2 Panyabungan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 48–53.

Muji, Nasution H.N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Berbantu Aplikasi Anyflip Pada Mata Pelajaran Ipa Biologi. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 29–34

Nasution, H. N. (2022). Perancangan Bahan Ajar Berbasis Media Pembelajaran Autoplay Media Studio 8.5 Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kelas Ix Smp Negeri 5 Muara Batang Gadis. Jurnal Education and Development, 10(1), 438-444.

Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8-8.

Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem Pengenalan Biji Kopi Arabika, Robusta, Liberika, Dan Eksalsa Mengunakan Metode S Yuleq. Jurnal Education And Development, 10(1), 415-418.

Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan

Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69-69.

Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2022) “Mendesain Secara Praktis dengan Corel Draw” PT. Nasya Expanding Management , 1-142

Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2023) “Bahan Ajar Aplikasi Belajar Media Interaktif dengan iSpiring Suite 8” PT. Nasya Expanding Management , 1-66

Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2024) “Panduan Lengkap Microsoft Office 2016 Ms. Word, Ms. Power Point , dan Ms. Excel Untuk Pemula hingga Mahir, 1-146

Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2024) “Perkembangan Peserta Didik dalam Menghadapi Revolusi Perkembangan teknologi Informasi” Pena muda, 1-196

Novia, Nasution H.N. (2023). Perancangan Modul Panduan Penggunaan Aplikasi Construct 2 Sebagai Alat Bantu Media Pembelajaran Di Smk Negeri 1 Batang Angkola. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 121–125

Pasaribu, Nasution H.N. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Instalasi Jaringan Komputer Di Kelas X Rpl Smk Negeri 1 Angkola Timur. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 61–65.

Pranata, Nasution H.N. (2023). Rancang Bangun Buku Ajar Tik Berbasis Android Di Sma Negeri 1 Batangtoru. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 12–15.

Rambe, I. N., Nasution H.N, Nasution. S. W. R. (2024). Perancangan Modul Praktikum Berbasis Web Pada Materi Algoritma Dan Pemrograman Di Sma Negeri 1 Batangtoru. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 17–20.

Salsabilah, Nasution H.N, Nasution. S. W. R Hidayat T, (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Smart Apps Creator Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Perangkat Eksternal/Peripheral Komputer. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 42–47

Sarkiah, Nasution H.N Nasution. S. W. R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Berbasis Ispiring Suite Terhadap Minat . Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 9–16

Sartika, Nasution H.N. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas Xi Tkj Di Smk Negeri 1 Batang Angkola. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 38–44

Simorangkir, Nasution H.N dkk(2023). Perancangan Modul Praktikum Berbasis Android Pada Materi Perakitan Komputer Di Smk Negeri 1 Lumut. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 70–72.

Siregar Nasution H.N ,Hidayat T. (2023). Analisis Kesiapan Belajar Siswa Dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Pemrograman Dasar. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 1–5.

Yeni, Nasution H.N. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Cs6 Pada Materi Sistem Operasi Jaringan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 45–50.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2025-05-05

Cara Mengutip

Ningsih, P., Hanifah Nur Nasution, & Ermawita. (2025). PERANCANGAN MODUL PRAKTIKUM PENGGUNAAN APLIKASI PREZI SMK SWASTA TERUNA PADANGSIDIMPUAN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 5(1), 8–13. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/2978

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>