PENDAMPINGAN LITERASI NUMERASI DI SD NEGERI 200304 PADANGSIDIMPUAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Literasi dan numerasi merupakan inti dalam pembelajaran berkualitas dalam semua fase di dalam pendidikan dan kurikulum. Kemampuan membaca dan numerasi merupakan hal yang sangat penting dan mendasar dalam dunia pendidikan. Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa melalui pendampingan belajar di bidang literasi dan numerasi. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan di SD Negeri 200304 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan peneliti bertindak sebagai observer. Dengan metode yang diterapkan pada pendampingan siswa ini ditemukan berbagai karakter dan perkembangan kemampuan siswa yang berbeda satu sama lain. Pendampingan tersebut berjalan dengan baik dan efektif sehingga menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa pada bidang literasi dan numerasi. Kegiatan pendampingan literasi numerasi ini meliputi membimbing siswa yang belum bisa ataupun yang kesulitan membaca, menulis maupun berhitung.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Referensi
Raodah, dkk. (2023) Pendampingan Literasi Menulis Berbasis Proyek Di SD Penggerak. https://journal.ipmafa.ac.id/index.php/kifah/article/view/969
Irma Aryani,dkk (2023). Bimbingan Belajar Guna Meningkatkan Literasi Numerasi Anak Usia SD Gampong Meunasah Mon.https://ojs.serambimekkah.ac.id/BAKTIMAS/article/view/6696
Ria Fajrin R.A & Nourma Oktaviarini. (2023). Pendampingan Penguatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/kanigara/article/view/7758/4918
Muhammad Mushfi El Iq Bali, dkk (2023). Pendampingan Literasi Numerasi Digital Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Anak di RA Ihyaul Islam. https://jurnalpengabdianmasyarakatbangsa.com/index.php/jpmba/article/view/392