STRATEGI GURU PKn DALAM PENGELOLAAN KELAS DI KELAS X SMA NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.37081/kwn.v3i01.1821Kata Kunci:
strategi guru Pkn, pengelolaan kelas.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskribsikan: 1) pengelolaan kelas 2) kendala apa saja dalam pengelolaan kelas dan 3) upaya guru dalam mengatasi kendala pengelolaan kelas dikelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Metode penelitian menggunakan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru PKn dan sebagian siswa siswi SMA Negeri 8 Padangsidempuan. Teknik pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara dan dokumnetasi. Teknik keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi. HAsil penelitian menunjukkan 1) strategi pengelolaan kelas di SMA Negeri 8 Padangsidempuan sudah baik karena guru harus menyiapkan beberapa perlengkapan perangkat pembelajaran dan juga menyampaikn materi dengan alat pendukung pembelajaran, 2) kendala dalam pengelolaan kelas ialah kurangnya kesadaran siswa untuk mengikuti pelajaran dan fasilitas ruangan yang kurang memadai, dan 3) upaya yang dilakukan guru PKn dalam mengatasi kendala pengelolaan kelas dengan memberikan nasehat dan mengarahkan siswa untuk membersihkan alat pembelajaran dan melengkapinya fasilitas yang kurang secara bertahap.
Referensi
Afriza.2014. Manajemen Kelas. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.
Arischa,Suci, 2019. Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan SampaH Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kota Pekanbaru.Jurnal Jom Fisip.(Online),Volume 6,No.1(https://jom.unri.ac.id) diakses 2 desember 2022.
Aslamiah.2021. Pengelolaan Kelas. Depok: RajaGrafindo Persada
Astuti.2019.Manajemen kelas yang efektif.Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.(Online). Volume 9, No. 2,(https://mail.jurnal.iain-bone.ac.id) Diakses 14 Januari 2023
Bahri. 2005. Guru Dan Anak Didik Dalam Intraksi. Jakarta: Reneka Cipta.
Burhan. 2007.Penelitian Kualitatif,Jakarta.Kencana Perdana Media Group
.Djamarah Bahri, Zain Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Futeri.2022. Profesi Keguruan:Guru Sebagai Profesi.Bogor: Universitas Djuanda Bogor
Fitra,Ahmad. 2018. Pengaruh Tata Ruang Terhadap Efektifitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMP IT Ar-Ridho Palembang. Skripsi.Program Sarjana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Hamdayama, Jumanta.2016.Metodologi Pengajaran.Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik,Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah.2016.Tugas Guru Dalam Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.
Hazmi,Nahdatul,2019. Tugas Guru Dalam Proses Pembelajaran.Journal of Education and Instruction. (Online). Volume 2. No.1. (https://journal.ipm2kpe.or,id) Diakses 14 januari 2023.
Nurmaidah.2020. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam manajemen kelas.journal pendidkan.(Online).Volume 8.No. 1.
Rangkuti,Ahmad.2016. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:Ciptapustaka
Sanjani, Mulana,Akbar, 2020. Tugas Dan Perana Guru Dalam Proses Menungkatkan Belajar Mengajar.Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan.(Online),Volume 6, No1,(https://ejoernal.stkipbudidaya.ac.id). Di akses 28November 2022.
Sanjaya,Wina.2008. Kurikulum dan Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Jakarta: Kencana.
Sermal,2020.Manajemen Kelas dan Efektifitas Pembelajaran.Jurnal Pgmi Stit Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara.(Online).Volume 1,No. 2,(https://jurnal,stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id) Diakses 14 januari 2023.
Sugiono.2014.Metode Penelitian Kombinasi(Mixed Methods).Bandung: Alfabeta.
Widiasworo,Erwin. 2018. Cerdas PengelolaanKelas.Yogyakarta: Diva Press.
Yesi,ulfia Liza 2018. Pengelolaan Kelas Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMPN 1 Samadua Aceh Selatan. Skripsi. Progran Sarjana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Riswandi Harahap; Sahrudin Pohan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.