STRATEGI MENGAJAR GURU DALAM PEMBENTUKAN MORAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS X SMA NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN
Kata Kunci:
strategi mengajar guru, pembentukan moral siswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) pembentukan akhlak, 2) faktor penyebab merosotnya akhlak, dan 3) upaya guru dalam meningkatkan akhlak siswa kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan.Metode penelitian menggunakan kualitatif.Informan dalam penelitian ini adalah guru PKn dan beberapa siswa SMA Negeri 8 Padangsidimpuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan 1) strategi guru dalam membentuk moral siswa pada mata pelajaran PKn dengan menerapkan peraturan yang berlaku sesuai kurikulum dasar seperti tidak berkelahi pada saat pembelajaran, tidak berjalan-jalan di dalam kelas, tidak diperkenankan keluar kelas. 2) faktor penyebab menurunnya semangat belajar siswa pada mata pelajaran PKn yang diperoleh selama proses pembelajaran meliputi kurang sopan santun yang dibawa siswa akibat kurangnya dukungan orang tua. dan 3) upaya yang dilakukan untuk meningkatkan moral siswa pada mata pelajaran PKn antara lain memberikan nasehat dan memberikan hukuman agar siswa tidak mengulanginya lagi.
Referensi
Anis, Yuli. 2015. Analisis faktor-faktor penyebab degradasi moral remaja dalamperspektif islam. Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung.
Arikunto. 2016. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Aswan. 2016. Strategi belajar mengajar (Cetakan ke 5) Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bertens. 2011. Etika. Jakarta : PT. Gramedia pustaka umum.
Budiningsih, Asri 2013. Pembelajaran moral (Cetakan ke 1) Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Bungin. 2017. Penelitian. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Djamarah. 2015. Guru & anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.
Nana, Sudjana. 2014. Dasar-dasar belajar mengajar. Bandung : Sinar Baru.
Rangkuti. 2016. Metode penelitian pendidikan, pendekatan kualitatif. Bandung : Cipta Pustaka Media.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Suyadi. 2013. Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Yusuf. 2014. Metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif & penelitian gabungan. Jakarta : Prenamedia Group.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Riswandi Harahap; Sahrudin Pohan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.