UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA PADANGSIDIMPUAN

Penulis

  • Riswandi Harahap
  • Sahrudin Pohan Institut Pendidikan Tapanulis Selatan

DOI:

https://doi.org/10.37081/kwn.v3i01.1816

Kata Kunci:

minat belajar, faktor penghambat minat belajar, dan upaya guru meningkatkan minat belajar.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran minat belajar anak bekebutuhan khusus; (2) faktor penghambat minat belajar anak berkebutuhan khusus, dan (3) upaya guru dalam meningkatkan minat belajar anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2023. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan informan Kepala Sekolah dan Guru. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) gambaran minat belajar anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Padangsidimpuan dapat dikelompokkan kedalam beberapa kategori, yaitu minat belajar musik, seni visual, matematika dan keterampilan praktis; (2) faktor-faktor yang menghambat pertumbuhan minat belajar anak berkebutuhan khusus meliputi masalah fisik atau kesehatan, masalah emosional atau kesejahteraan mental dan perbedaan gaya belajar; (3) upaya guru dalam meningkatkan minat belajar anak berkebutuhan khusus adalah pendekatan yang individual, lingkungan belajar inklusif, hubungan yang baik dan metode pembelajaran yang beragam. Dengan menggabungkan semua faktor ini, guru dapat membuat lingkungan belajar yang memungkinkan anak berkebutuhan khusus untuk tumbuh dan berkembang dengan minat dan motivasi belajar yang tinggi.

Referensi

minat belajar, faktor penghambat minat belajar, dan upaya guru

meningkatkan minat belajar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-04

Cara Mengutip

Harahap, R., & Pohan, S. (2024). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA PADANGSIDIMPUAN. JURNAL KEWARGANEGARAAN, 3(01), 139–146. https://doi.org/10.37081/kwn.v3i01.1816

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>