UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA PADANGSIDIMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.37081/kwn.v3i01.1816Kata Kunci:
minat belajar, faktor penghambat minat belajar, dan upaya guru meningkatkan minat belajar.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran minat belajar anak bekebutuhan khusus; (2) faktor penghambat minat belajar anak berkebutuhan khusus, dan (3) upaya guru dalam meningkatkan minat belajar anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2023. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan informan Kepala Sekolah dan Guru. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) gambaran minat belajar anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Padangsidimpuan dapat dikelompokkan kedalam beberapa kategori, yaitu minat belajar musik, seni visual, matematika dan keterampilan praktis; (2) faktor-faktor yang menghambat pertumbuhan minat belajar anak berkebutuhan khusus meliputi masalah fisik atau kesehatan, masalah emosional atau kesejahteraan mental dan perbedaan gaya belajar; (3) upaya guru dalam meningkatkan minat belajar anak berkebutuhan khusus adalah pendekatan yang individual, lingkungan belajar inklusif, hubungan yang baik dan metode pembelajaran yang beragam. Dengan menggabungkan semua faktor ini, guru dapat membuat lingkungan belajar yang memungkinkan anak berkebutuhan khusus untuk tumbuh dan berkembang dengan minat dan motivasi belajar yang tinggi.
Referensi
minat belajar, faktor penghambat minat belajar, dan upaya guru
meningkatkan minat belajar.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Riswandi Harahap; Sahrudin Pohan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.