PERANAN GURU PKN DALAM MENINGKATKAN ETIKA DAN MORAL SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.37081/kwn.v2i01.1675Kata Kunci:
Peranan, Guru, PKn, Etika, MoralAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana Peranan guru PKn dalam meningkatkan etika dan moral siswa, apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan etika dan moral siswa dan bagaimanakah upaya guru PKn dalam meningkatkan etika dan moral siswa di Kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, dapat disimpulkan sebagai berikut: Guru PKN memiliki peran yang sangat baik dalam membina dan meningkatkan etika dan moral siswa di kelas VIII. Beberapa faktor yang menjadi penghambat dalam meningkatkan etika dan moral siswa seperti faktor keluar siswa itu sendiri, faktor perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, faktor lingkungan dan perkembangan teknologi yaitu HP dan media sosial. Faktor yang mendukung adalah kesediaan orang tua untuk saling bekerja sama dan menjalin komunikasi. Upaya guru PKn dalam meningkatkan etika dan moral siswa di Kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan antara mengkaitkan dengan kehidupan di masyarakat.
Referensi
Apeles Lexi Lonto dan Theodorus Pangalila 2021. Etika Kewarganegaraan. YogyakartaP: Penerbit Ombak
Asri Budiningsih, 2013. Pembelajaran Moral Berpijak Pada Karakteristik Siswa Dan Budayanya, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Darmiyati Zuchdi, 2015. Humanisasi Pendidikan Menemukan Kembali Pendidikan Yang Manusiawi, Jakarta: Bumi Aksara.
Muhcson AR dan Samsuri. 2013. Dasar-dasar Pendidikan Moral basis pendidikan karakter. Penerbit Ombak.
Zuchdi, Armiyati. 2010. Humanisasi Pendidikan Menemukan Kembali Pendidikan Yang Manusiawi, Jakarta: Bumi Aksara.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Riswandi Harahap; Sahrudin Pohan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.