PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SD NEGERI 200301 PADANGSIDIMPUAN

Penulis

  • Riswandi Harahap

DOI:

https://doi.org/10.37081/kwn.v3i02.2130

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)

Abstrak

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn, siswa tidak memiliki keberanian untuk bertanya apa yang tidak diketahuinya sehingga perlu digunakan perubahan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200301 Padangsidimpuan.Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn disebabkan karena kurangnya model pembelajaran yang bervariasi, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT).Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan suatu objek, dimana pada penelitian ini yang menjadi objek adalah siswa kelas III SD Negeri 200301 Padangsidimpuan yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus pada setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti memberikan tes untuk melihat peningkatan yang diperoleh siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar PPKn siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)meningkat. Hasil belajar pada siklus I Pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata 67,5% dengan persentase ketuntasan 27. 

Referensi

Arikunto, Supardi,(2010).Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta Bumi Aksara.

Joyce Dkk,Udin, Trianto, Arend (2020), Model-Model Pembelajaran . Jakarta: Penerbit Deepublish.

Slameto.(2015), Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi .Yogyakarta:Penerbit Renika Cipta

Manullang (2017), Dasar-Dasar Manajemen

Riyanto. (2014), Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Edisi I. Jakarta: Kencana.

Susanto.( 2013), Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.

Hamdani.(2010), Strategi Belajar Mengajar .Bandung:Penerbit CV Pustaka Setia

Wasisto.(2014), 68 Model Pembelajaran Inovatif .Yogyakarta: Penerbit Ar-ruzz Media

Rusman.(2015), Pembelajaran Tematik Terpadu:Teori, Praktik, dan Penilain.Jakart:Peerbit Rajawali Pers.

Nawawi.(2013), Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.Jakarta:Penerbit Prenada Media Grup

Trianto.(2011:205), Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.

Harahap, H. H. Y., Samakmur, S., & Nurbaiti, N. (2023).Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 200301 Padangsidimpuan . Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 3(2), 446-459.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-15

Cara Mengutip

Harahap, R. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SD NEGERI 200301 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL KEWARGANEGARAAN, 3(02), 228–242. https://doi.org/10.37081/kwn.v3i02.2130

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>