EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP DALAM MENINGKATKAN KETERLIBATAN AKTIF SISWA DI PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Ahmad Zamhari
Raniah Salsabila
Wahyu Munita Sari
Dewi Bunga Anggraini
Lenita Sari
Nazwa Cindi Irma Viola

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan pembelajaran kelas rangkap pada pendidikan dasar, baik secara konseptual maupun praktis. Pembelajaran kelas rangkap adalah sebuah pendekatan di mana seorang guru mengajar beberapa kelas dalam waktu dan ruang yang sama, yang umumnya diterapkan di sekolah-sekolah dengan sumber daya terbatas. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur dan analisis terhadap praktik dan hasil pembelajaran kelas rangkap di berbagai daerah. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran kelas rangkap dapat menjadi solusi yang efektif dalam situasi dengan keterbatasan guru dan fasilitas sekolah, meskipun ada tantangan dalam mengelola waktu dan konten pembelajaran. Kesimpulannya, pengajaran kelas rangkap dapat mendukung pencapaian pembelajaran yang optimal di pendidikan dasar jika didukung oleh strategi yang tepat.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Zamhari, Ahmad, Raniah Salsabila, Wahyu Munita Sari, Dewi Bunga Anggraini, Lenita Sari, dan Nazwa Cindi Irma Viola. “EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP DALAM MENINGKATKAN KETERLIBATAN AKTIF SISWA DI PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 262–268. Diakses April 30, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2524.
Bagian
Artikel

Referensi

Amelia, M. (2016). Pembelajaran Kelas Rangkap (Multigrade Teaching) Di Sekolah Dasar. 4(1), 1–13.

Ananda, A. S., Wapa, A., & Arrasyid, H. (2024). Implementasi Pembelajaran Kelas Rangkap Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Eduakasi Dan Penelitian Tindakan Kelas, 3(1), 193–202.

Djalil, Aria, dkk. 1998. Pembelajaran Kelas Rangkap, Modul PGSD. Jakarta: Depdiknas.

Fawait1, A., Yuliana2, I. A., & Arifah3, S. A. (n.d.). Learning Development Through Multi Grade Teaching in Indonesian Tradisonal Muslim Schools.

Hestiana, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di SD 01 Muhammadiyah Rejang Lebong. 1–59. https://e-theses.iaincurup.ac.id/3082/1/Riska Hestiana.pdf

Iii, B. A. B., Penelitian, M., & Penelitian, M. (2024). Tiara Putri Widyawati, 2024 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakan.upi.edu.

Pebrianti, T., Septafi, G., Wijaksono, A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Pendidikan, F. I., & Indonesia, U. B. (2024). Model Pengelolaan Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) Untuk Sekolah Dasar Yang Berada Di Wilayah 3T. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu PendidikanUniversitas Bakti Indonesia Banyuwangi, 3(1), 126–134.

Permadi, A. M. (2015). Studi Model Deskriptif. 7–11.

Yedi. (n.d.). Efektifitas Penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap Dalammeningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sdn 7Batudaa Pantai Kecamatan Batudaa PantaiKabupaten Gorontalo. 1–12.

http://siat.ung.ac.id/files/wisuda/2014-1-1-86206-151410077-bab5-06082014024519.pdf

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama