EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP DALAM MENINGKATKAN KETERLIBATAN AKTIF SISWA DI PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan pembelajaran kelas rangkap pada pendidikan dasar, baik secara konseptual maupun praktis. Pembelajaran kelas rangkap adalah sebuah pendekatan di mana seorang guru mengajar beberapa kelas dalam waktu dan ruang yang sama, yang umumnya diterapkan di sekolah-sekolah dengan sumber daya terbatas. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur dan analisis terhadap praktik dan hasil pembelajaran kelas rangkap di berbagai daerah. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran kelas rangkap dapat menjadi solusi yang efektif dalam situasi dengan keterbatasan guru dan fasilitas sekolah, meskipun ada tantangan dalam mengelola waktu dan konten pembelajaran. Kesimpulannya, pengajaran kelas rangkap dapat mendukung pencapaian pembelajaran yang optimal di pendidikan dasar jika didukung oleh strategi yang tepat.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Amelia, M. (2016). Pembelajaran Kelas Rangkap (Multigrade Teaching) Di Sekolah Dasar. 4(1), 1–13.
Ananda, A. S., Wapa, A., & Arrasyid, H. (2024). Implementasi Pembelajaran Kelas Rangkap Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Eduakasi Dan Penelitian Tindakan Kelas, 3(1), 193–202.
Djalil, Aria, dkk. 1998. Pembelajaran Kelas Rangkap, Modul PGSD. Jakarta: Depdiknas.
Fawait1, A., Yuliana2, I. A., & Arifah3, S. A. (n.d.). Learning Development Through Multi Grade Teaching in Indonesian Tradisonal Muslim Schools.
Hestiana, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di SD 01 Muhammadiyah Rejang Lebong. 1–59. https://e-theses.iaincurup.ac.id/3082/1/Riska Hestiana.pdf
Iii, B. A. B., Penelitian, M., & Penelitian, M. (2024). Tiara Putri Widyawati, 2024 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakan.upi.edu.
Pebrianti, T., Septafi, G., Wijaksono, A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Pendidikan, F. I., & Indonesia, U. B. (2024). Model Pengelolaan Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) Untuk Sekolah Dasar Yang Berada Di Wilayah 3T. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu PendidikanUniversitas Bakti Indonesia Banyuwangi, 3(1), 126–134.
Permadi, A. M. (2015). Studi Model Deskriptif. 7–11.
Yedi. (n.d.). Efektifitas Penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap Dalammeningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sdn 7Batudaa Pantai Kecamatan Batudaa PantaiKabupaten Gorontalo. 1–12.
http://siat.ung.ac.id/files/wisuda/2014-1-1-86206-151410077-bab5-06082014024519.pdf