EFEKTIVITAS PENDEKATAN KOLABORATIF DALAM PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL SISWA DI SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Evaluasi Efektivitas Pendekatan Kolaboratif dalam pembelajaran kelas rangkap untuk meningkatkan kemampuan Sosial Siswa di sekolah dasar bertujuan untuk memberikan wawasan yang mendalam tentang efektivitas pendekatan kolaboratif serta kontribusinya terhadap perkembangan sosial siswa di sekolah dasar, Penelitian ini sejalan dengan temuan dari berbagai studi terbaru yang menunjukkan bahwa metode pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan keterlibatan dan interaksi sosial siswa dalam proses belajar mengajar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memungkinkan peneliti untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang fenomena yang diteliti. pendekatan ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari penerapan pembelajaran kelas rangkap terhadap kemampuan sosial siswa. Metode ini dapat dimulai dengan pencarian literatur sistematis (SLR) untuk mengidentifikasi dan menganalisis artikel-artikel terkait efektivitas pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan kemampuan social
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ardiansyah, M. R., Indiyati, I., & Sugiyanti, S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(3), 205-213.
Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). Evaluasi efektivitas penggunaan teknologi komunikasi dalam pengajaran metode pendidikan tradisional di sekolah dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208-219.
Fusnika, F., Hartini, A., & Cahyati, M. A. (2022). Implementasi Nilai Gotong Royong
Dalam Kehidupan Bermasyarakat (Studi Kasus Kegiatan Kerja Bakti Di RT/RW: 009/002 Dusun Keladan Tunggal Desa Mertiguna Kecamatan Sintang). JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 15-28.
Mukhtar, M. (2023). Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif Perspektif Pendidikan Islam. Ameena Journal, 1(2), 162–174.
Nadila, Y., & Alwi, N. A. (2024). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, pembelajaran dan Ilmu Sosial, 2(3), 152-159.
Nursini, B. (2019). Penggunaan Metode Pembelajaran Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Kecakapan Sosial Siswa Kelas V Sdn Aik Ampat Tahun Pelajaran 2018/2019. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5).
Pebrianti, T., Septafi, G., & Wijaksono, A. (2024). Model Pengelolaan Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) Untuk Sekolah Dasar Yang Berada Di Wilayah 3T. Jurnal Eduakasi Dan Penelitian Tindakan Kelas, 3(1), Article 1.
Purwaaktari, E. (2015). Pengaruh model collaborative learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan sikap sosial siswa kelas V SD Jarakan Sewon Bantul. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1).
Rizal, A. A., Susilawati, D., Meilani, R., & Yusup, R. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion, 1(2), 773-778.
Roikhan, M. R. (2024). Urgensi Pandangan Sosiokultural Konstruktivis Dalam Pendidikan Sekolah Dasar: Studi Literature. Journal in Teaching and Education Area, 1(1), 54-61.
Ru’iya, S., Akhmad, F., Putwiyani, D., & Sulistiawan, A. (2021). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Inklusi di Yogyakarta. AL-MANAR : Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.36668/jal.v10i1.240
Salamah, E. R., & Rifayanti, Z. E. T. (2023). Pengaruh Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) Terhadap Prestasi Akademik dan Keterampilam Sosisal Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 6(3), 377-384.
Selvi, S. N. M., Syachruroji, A., & Rokmanah, S. (2023).Pembelajaran Kolaboratif Untuk Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1), 130-135.
Salamah, E. R., & Rifayanti, Z. E. T. (2023). Pengaruh Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) Terhadap Prestasi Akademik dan Keterampilam Sosisal Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 6(3), 377-384.
Situmorang, D. Y. (2024). Efektivitas Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1), 146-151.
Susanti1a, S., Prasetyo, T., & Nasution, S. A. Model Pembelajaran Kolaboratif Sebagai Alternatif Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Collaborative Learning Model As Alternative Learning On Social Science.
Takdir, L. (2020). Studi Implementasi Pembelajaran Kelas Rangkap di Daerah Terpencil. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(2), 186-197.
Wangsa, I. H. S., Setiahati, I. P., & Setiawan, A. S. (2021). Pembelajaran Kolaboratif Sekolah Dasar Menggunakan Model Vygotski. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 19(1), 1-16.
Yasa, M. A. A. (2022). Pendekatan Inovatif dalam Peningkatan Efisiensi Pendidikan (Kebijakan Penggabungan Sekolah dan Pembelajaran Kelas Rangkap). Inovasi Jurnal Guru, 8(10), Article 10.