DAMPAK PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Isi Artikel Utama

Ahmad Zamhari
Dwi Andika Pratiwi
Deby Sintia Resa
Miftahul Jannah
Elyza Aprilia Putri
Ira Ira

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pembelajaran kelas rangkap terhadap motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi pada siswa dan guru di sekolah yang menerapkan sistem kelas rangkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kelas rangkap memiliki dampak yang bervariasi terhadap motivasi belajar siswa. Sebagian siswa merasa termotivasi karena suasana belajar yang beragam dan adanya kesempatan untuk berinteraksi dengan siswa dari tingkat kelas berbeda. Namun, beberapa siswa menghadapi kesulitan dalam mengikuti pelajaran akibat perbedaan tingkat pemahaman dan perhatian guru yang terbagi. Faktor-faktor seperti metode pengajaran, pengelolaan waktu, dan dukungan dari guru menjadi kunci untuk meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran kelas rangkap. Studi ini memberikan rekomendasi untuk pengelolaan kelas yang lebih efektif guna memaksimalkan potensi sistem pembelajaran ini.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Zamhari, Ahmad, Dwi Andika Pratiwi, Deby Sintia Resa, Miftahul Jannah, Elyza Aprilia Putri, dan Ira Ira. “DAMPAK PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 281–291. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2538.
Bagian
Artikel

Referensi

Achmad, M. F. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kelas Rangkap terhadap Motivasi Belajar Murid SD Inpres Cambaya Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar. Diakses dari https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/3744-Full_Text.pdf.

Achmad, M. F. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kelas Rangkap terhadap Motivasi Belajar Murid SD Inpres Cambaya Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 45-58.

Agus Kriswanto. (2023). Model Pembelajaran Kelas Rangkap: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Edukasi.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2021). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th Edition). Thousand Oaks: SAGE Publications.

Dimyati, M., & Mudjiono, M. (2022). Pengantar Motivasi Belajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Djalil, A. (2020). Pembelajaran Kelas Rangkap: Konsep dan Implementasi di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182.

Fitriani, R., Susanto, A., & Wijaya, R. (2023). Pengelolaan Pembelajaran Kelas Rangkap di Sekolah Dasar Daerah Terpencil. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 14(1), 45–56.

Hamdhu, A. (2023). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hari Wibowo. (2020). Strategi Pembelajaran Efektif dalam Kelas Rangkap. Surabaya: Penerbit Insan Cendekia.

Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2021). Motivasi Belajar: Faktor Pendorong Perubahan Tingkah Laku Siswa. Jurnal Pendidikan, 5(2), 123-135.

Hidayat, R. (2018). Dampak implementasi pendekatan pembelajaran kelas rangkap terhadap prestasi belajar siswa kelas II dan III di SD Negeri Gari II Wonosari. Basic Education, 7(36).

Idel, M., Rustan, E., & Hisbullah, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kelas Rangkap sebagai Upaya Pemenuhan Guru di SDN 068 Manganan Kecamatan Rongkong. Jurnal Socratika, 5(1), 23-30.

Maulana, A. (2020). Studi deskriptif model pembelajaran kelas rangkap di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurdiansyah, M., & Fahyuni, R. (2021). Inovasi Pembelajaran Kelas Rangkap untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Daerah Terpencil. Jurnal Pendidikan, 5(2), 123-135.

Permana, D., & Wijaya, H. (2022). Strategi Pembelajaran Kelas Rangkap dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(3), 234–248.

Pranata, A., & Syamsijulianto, T. (2024). Evaluasi Pembelajaran Kelas Rangkap Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 8(1).

Putri, R., & Soetjiningsih, T. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 45-56.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 289-292. Gorontalo: Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Sardiman, AM. (2006). Integrasi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sari, P., Nugroho, T., & Widodo, A. (2021). "Pengaruh Pembelajaran Kelas Rangkap terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar". Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 12(2), 123-132.

Setiyawan, T., Hidayah, N., & Kurniawan, B. (2021). Implementasi Pembelajaran Kelas Rangkap dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa. Jurnal Pendidikan Multikultural, 8(2), 150–162.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, A. (2021). Pembelajaran Kelas Rangkap: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jurnal Pendidikan, 5(2), 123-135.

Uno, H.B. (2021). Teori Motivasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Wibowo, H. (2020). Teori-Teori Belajar Dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Wijaksono, A., Suroya, A., & Septafi, G. (2022). Implementasi Manajemen Pembelajaran Kelas Rangkap dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal CONSILIUM: Journal Education and Counseling, 5(1), 60-67.

Wijaksono, A., Suroya, A., & Septafi, G. (2022). Implementasi Manajemen Pembelajaran Kelas Rangkap dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal CONSILIUM: Journal Education and Counseling, p-ISSN: 2775-9465 e-ISSN: 2776-1223.

Yedi. (2021). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SDN 7 Batudaa Pantai Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi Universitas Negeri Gorontalo. Diakses dari https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410077/efektifitas-penerapan-pembelajaran-kelas-rangkap-dalam-meningkatkan-motivasi-belajar.html.