INTERAKSI BUDAYA DAN BAHASA DI LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Dalam konteks globalisasi yang semakin intensif, sekolah dasar telah menjelma menjadi cerminan miniatur masyarakat dunia. Keberagaman budaya dan bahasa yang semakin menonjol di lingkungan sekolah menghadirkan dinamika sosial yang kompleks. Interaksi antar siswa dengan latar belakang yang berbeda-beda tidak hanya sekadar pertemuan, melainkan sebuah proses pertukaran nilai, norma, dan pengetahuan yang kaya. Sekolah dasar, sebagai institusi pendidikan pertama yang secara formal menaungi anak-anak, memiliki peran krusial dalam memfasilitasi interaksi budaya dan bahasa ini. Melalui interaksi dengan teman sebaya yang berbeda budaya, siswa dapat mengembangkan sikap toleransi, empati, dan rasa saling menghormati. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif. merupakan penelitian yang bersifat penjabaran dan condong memakai analisis. Penelitian kualitatif kerap kali menekankan sudut pandang subjek, proses dan arti dari penelitian tersebut dengan memakai dasar teori-teori sebagai seolah payung atau pembantu supaya relevan dengan kenyataan di situasi nyata. Selain itu, dasar teori digunakan sebagai deskripsi umum latar penelitian serta bahan penunjang isi penelitian (Cikka 2020). Interaksi antara bahasa dan budaya telah menjadi fokus utama dalam berbagai disiplin ilmu, terutama dalam bidang sosiolinguistik dan antropologi. Dalam konteks ini, bahasa tidak hanya dipahami sebagai alat komunikasi semata, tetapi juga sebagai cermin budaya yang mencerminkan nilai-nilai, norma, dan sejarah suatu komunitas. Konsep ini melandaskan pemahaman bahwa bahasa tidak hanya memengaruhi komunikasi interpersonal, tetapi juga memengaruhi cara individu dalam memandang dunia dan meresponsnya. Ini tercermin dalam Hypothesis Sapir-Whorf, yang menyatakan bahwa bahasa yang digunakan oleh seseorang memengaruhi cara berpikir dan persepsinya terhadap dunia.Berikut bentuk interaksi budaya dan bahasa yaitu Pengaruh Bahasa terhadap identitas budaya, Bahasa sebagai alat Resolusi konflik budaya, upaya Pelestarian Bahasa dan Budaya, Revitalisasi Bahasa melalui Pendidikan Formal dan Informal dan masih banyak bentuk-bentuk interaksi budaya dan bahasa di lingkungan sekolah siswa sekolah dasar lainya.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Cikka, H. (2020). Peranan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Meningkatkan Interaksi Pembelajaran Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i1.45
Dr. Sitasi Zagoto, M. A. D. M. S. S. D. R. E. L. M. R. E. A. S. D. S. S. M. P. A. H. M. H. B. L. S. P. M. S. Y. W. M. M. T. T. M. S. A. T. S. E. M. M. (2023). Budaya Nias. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=OADhEAAAQBAJ
Hastuti, S., & Neviyarni, N. (2021). Teori Belajar Bahasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 8–13. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.179
Hidayah, H. (2023). PENGERTIAN , SUMBER , DAN DASAR PENDIDIKAN ISLAM Hikmatul Hidayah kebudayaan ummah yang kuat dan tangguh . tumbuh berkembang melalui aktualisasi potensi diri berdasarkan kaidah-kaidah moral Al- Qur ’ an , ilmu berbagai aspek kehidupan , dengan sumbernya y. 3(1), 21–33.
Inah Ety Nur. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa. Al-Ta’dib, 8(2), 150–166. https://core.ac.uk/download/pdf/231137475.pdf
Khoiri, Q., & Nopitasari, M. (2024). JurnalPendidikanIslamAl-Affan Pengelolaan Interaksi Belajar-Mengajar. 4(2), 199–205.
Normina. (2017). Pendidikan Dalam Kebudayaan. Jurnal Ittihad, 15(28), 1025. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/ittihad/article/view/1930/1452
Puspitasari, R. N. (2019). Interaksi Budaya dan Bahasa dalam Kehidupan Masyarakat di Indonesia. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 10(2), 1–7. https://osf.io/preprints/inarxiv/hg3t7/
Putri, T. A., Putri, R. D. M., & Afkar, T. (2021). Interaksi Bahasa Dan Budaya Dalam Konteks Masyarakat Etnik : Studi Kasus Pada Kelompok Minoritas Di Indonesia. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 5(3), 89–109.
Sari, M. (2020). NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA , ISSN : 2715-470X ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetak ) Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA. 6(1), 41–53.
Syakhrani, abdul wahab, & Kamil, muhammad luthfi. (2022). budaya dan kebudayaan tinjauan dari berbagai pakar, wujud-wujud kebudayaan, 7 unsur kebudayaan yang bersifat universal. 5(1), 782–791.
Taufik, A. (2019). Interaksi Komunikasi Dalam Pendidikan.
Wiradno, T., & Santosa, R. (n.d.). Bahasa, Fungsi Bahasa, dan Konteks Sosial. 1–19.
Wirajayadi, L., Yunus, M., Suryanirmala, N., Winata, A., & Haeri, Z. (2021). Cerminan Budaya Dalam Bahasa Daerah Sebagai Penanda Identitas Diri Masyarakat Sasak. 1(3).