PERANAN BAHASA INDONESIA DALAM MELESTARIKAN BUDAYA LOKAL

Isi Artikel Utama

Ahmad Zamhari
Syahma Diana Hajjah
Ellyza Octa Rahmadhani
Imel Asyaputri4
Resagi Diandra
Khalimatul Sakdiyah

Abstrak

 


Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran bahasa Indonesia dalam pelestarian budaya lokal di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan tokoh-tokoh budaya, pemuka masyarakat, serta pengajar bahasa dan sastra di sekolah-sekolah yang aktif dalam pelestarian budaya. Peneliti juga melakukan observasi langsung terhadap kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan bahasa Indonesia dalam konteks budaya lokal. Analisis data dilakukan secara tematik dengan mencari pola-pola yang muncul terkait peran bahasa Indonesia dalam pelestarian tersebut. Selain itu, penelitian ini juga melibatkan studi pustaka untuk mendalami teori-teori bahasa dan budaya serta meninjau contoh-contoh penerapan bahasa Indonesia dalam upaya pelestarian budaya di berbagai wilayah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa Indonesia tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai sarana untuk mendokumentasikan, menyebarkan, dan melestarikan kearifan lokal. Bahasa Indonesia memfasilitasi pemahaman lintas budaya, memperkuat identitas nasional, serta mempererat solidaritas sosial di tengah keragaman budaya Indonesia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Zamhari, Ahmad, Syahma Diana Hajjah, Ellyza Octa Rahmadhani, Imel Asyaputri4, Resagi Diandra, dan Khalimatul Sakdiyah. “PERANAN BAHASA INDONESIA DALAM MELESTARIKAN BUDAYA LOKAL”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 650–656. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2655.
Bagian
Artikel

Referensi

Adinugraha, F. and Ratnapuri, A. (2020). Modul keanekaragaman hayati dengan pendekatan kearifan lokal dan budaya di kabupaten purworejo. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6534

Alhaq, M. and Agustin, S. (2020). Perancangan cerita, boneka karakter dan environment untuk serial teater boneka “tangkupet” dengan mengangkat unsur identitas lokal Indonesia. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 9(1). https://doi.org/10.12962/j23373520.v9i1.51985

Anam, K. (2023). Pelestarian tari kreasi sebagai upaya merawat jagat dari desa membangun peradaban. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 2(4), 221-228. https://doi.org/10.55927/jpmf.v2i4.5645

Asdarina, A. (2023). Analisis kebutuhan pengembangan silabus pembelajaran bahasa jawa banten dengan pendekatan content and language integrated learning (clil). Gema Wiralodra, 14(1). https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.420

Darojah, R. (2021). Persepsi guru sekolah dasar terhadap integrasi budaya pada pembelajaran bahasa indonesia. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3748-3757. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1202

Darmayanti, N. and Zein, D. (2022). Pemertahanan eksistensi jati diri bangsa melalui pengenalan kosakata arkais bahasa sunda di sman 1 cileunyi berancangan dialektologi. Kumawula Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 210. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i2.36535

Djajasudarma, F. (2017). Pergeseran peran bahasa indonesia. Ranah Jurnal Kajian Bahasa, 1(1), 1. https://doi.org/10.26499/rnh.v1i1.2

Fithriyana, D., Hamidah, I., & Hartati, H. (2020). Makna budaya pada bikago yang mengandung prefiks o- dan go- dalam bahasa jepang. J-Litera Jurnal Kajian Bahasa Sastra Dan Budaya Jepang, 2(1), 46. https://doi.org/10.20884/1.jlitera.2020.2.1.2120

Firman, F. (2018). Pendidikan multikultural, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, masyarakat majemuk indonesia. https://doi.org/10.31227/osf.io/6w8rc

Gandaresmi, T. (2023). Urgensi penggunaan bahasa sunda dalam proses pendidikan di pesantren modern sebagai upaya pemertahanan bahasa daerah. Jaladri Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda, 9(2), 97-104. https://doi.org/10.33222/.v9i2.3415

Hapsari, A. (2019). Implementasi pendekatan multiliterasi untuk pengajaran membaca dan menulis berbahasa inggris di matakuliah reading and writing for occupational purposes. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 1(1), 49-66. https://doi.org/10.20885/rpi.vol1.iss1.art5

Kharisma, G. and Arvianto, F. (2019). Pengembangan aplikasi android berbentuk education games berbasis budaya lokal untuk keterampilan membaca permulaan bagi siswa kelas 1 sd/mi. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 203. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5234

Lestariningrum, A. and Wijaya, I. (2019). Pengembangan model pembelajaran berbasis budaya lokal di tk negeri pembina kota kediri. Paudia Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4755

Putri, A. (2023). Penggunaan bahasa indonesia pada mal di kota surabaya (gallaxy mall dan royal plaza). Jurnal Syntax Imperatif Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(3), 196-207. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i3.239

Rabiah, S. (2018). Bahasa indonesia di perguruan tinggi sebagai wahana pembangun karakter dan kreatifitas mahasiswa. https://doi.org/10.31227/osf.io/mqe8y

Rafsanjani, T. (2023). Systematic literature review: pengaruh bahasa arab terhadap perkembangan bahasa indonesia. Al-Waraqah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 42-53. https://doi.org/10.30863/awrq.v4i1.3854

Rohaeti, E., N.S, P., & Muharrom, A. (2019). Program pendampingan berbasis kearifan lokal desa adat senaru dalam meningkatkan motivasi belajar anak-anak desa adat senaru. Abdimas Siliwangi, 2(1), 30. https://doi.org/10.22460/as.v2i1p30-40.2501

Ratu, D. (2023). Perbandingan pronomina persona bahasa daerah mongondow dengan pronomina bahasa indonesia dan sumbangannya dalam pengajaran bahasa daerah. Kompetensi, 3(1), 1896-1909. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i1.5927

Santoni, M., Chamidah, N., Prasvita, D., Prayoga, R., & Sukma, B. (2020). Penerjemahan bahasa indonesia ke bahasa minang dari optical character recognition dengan menggunakan algoritme edit distance. Jurnal Ilmu Komputer Dan Agri-Informatika, 7(2), 105-113. https://doi.org/10.29244/jika.7.2.105-113

Setyawan, E. and Suwandi, S. (2022). Representasi budaya lokal dalam buku ajar siswa sma. Briliant Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(1), 35. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i1.725

Susanti, Y., Oktaviani, U., & Suryadi, T. (2021). Eksistensi bahasa melayu sintang pada media spanduk dalam pencegahan penyebaran covid-19 di kabupaten sintang (kajian etnolinguistik). Belajar Bahasa Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 119-134. https://doi.org/10.32528/bb.v6i1.3491

Widiyowati, E., Kriyantono, R., & Prasetyo, B. (2018). Model manajemen konflik berbasis kearifan lokal: konflik perguruan pencak silat di madiun – jawa timur. Komunikator, 10(1), 34-47. https://doi.org/10.18196/jkm.101004