IMPLEMENTASI DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP DI DAERAH TERPENCIL: STUDI KASUS SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Banyaknya Sekolah Dasar yang berada di daerah terpencil, senantiasa menerapkan pengembangan pembelajaran yang sarat dengan inovasi. Hal ini meluas dari daerah perkotaan ke daerah pedesaan. Tujuan utamanya agar mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kesulitan yang dihadapi sekolah-sekolah yang menerapkan pembelajaran kelas rangkap, khususnya di daerah geografis dengan keterbatasan fasilitas pendidikan dan tenaga pendidik yang kekurangan.Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah studi kasus dengan menggunakan studi pustaka, untuk mengumpulkan data yang menghubungan teori-teori dari berbagai literatur yang relevan. Pelaksanaan Pembelajaran Kelas Rangkap, Tantangan Guru dalam Pelaksanaan pembelajaran Kelas Rangkap, Usaha guru dalam menyelesaikan tantangan dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kelas Rangkap, Dampak Implementasi Pembelajaran Kelas Rangkap Terhadap Proses Pembelajaran, Dampak Implementasi Pembelajaran Kelas Rangkap terhadap Prestasi Belajar Siswa, Model yang di Implementasikan dalam Pembelajaran Kelas Rangkap.Pembelajaran Kelas Rangkap (Multigrade) diselenggarakan di sekolah sekolah yang memungkinkan sekolah tersebut terisolasi karena sedikitnya jumlah pengajar, kondisi sekolah yang buruk, jarak tempat tinggal siswa yang jauh dari rumah, dan faktor lainnya. Dalam melaksanakan Pembelajaran Kelas Rangkap guru akan mendapatkan tantangan ketika kedua kelas digabungkan, guru dapat mengatasinya dengan memberikan tugas-tugas tertentu kepada siswa, sedangkan yang lain menerima pembelajaran yang dipimpin oleh guru
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Alvira, P. (2024, April). Evaluasi Instrumen Tes Non Kognitif pada Pembelajaran Kelas Rangkap di Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 8, 323-330.
Andi Adam, S. M. (2022). pembelajaran kelas rangkap (multigrade teaching) di Sekolah Dasar. (S. M. Dr. Suardi, Ed.) CV.AA RIZKY.
Hafizin, Mukarromah, A., & Aditama, W. B. (2024, Juli). KEBIJAKAN PENGELOLAAN GURU SEKOLAH DASAR: PERMASALAHAN DAN SOLUSI. JURNAL KAJIAN ISLAM MODERN, 10, 35-43. doi: 10.56406/jkim.v10i02.393
Hidayat, R. (2018). Dampak Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kelas Rangkap Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II dan III di SD Negeri Gari II Wonosari. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3.550-3.560.
Idel, M., Rustan, E., & Hisbullah. (2024, Januari). Penerapan Model Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) Sebagai Upaya Pemenuhan Guru di SDN 068 Manganan Kecamatan Rongkong. Journal Of Progressive Education And Social Inquiry, 1, 63-72.
Mansyur, A. R. (2020, Juli). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1, 113-123.
Pebrianti, T., Septafi, G., & Wijaksono, A. (2024). Model Pengelolaan Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) Untuk Sekolah Dasar Yang Berada Di wilayah 3T. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi, 3, 126-134.
Pranata, A., & Syamsijulianto, T. (2024, Januari). Evaluasi Pembelajaran Kelas Rangkap terhadap Minat. Jurnal Pendidikan RISET & KONSEPTUAL, 8, 17-25. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i1.842
Takdir, L. (2020). Studi Implementasi Pembelajaran Kelas Rangkap di Daerah Terpencil. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10, 186-197.
Trisandi, & Rizqi, A. A. (2019, November). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) di Daerah Perbatasan: Studi di SMP N 2 Bokan Kepulauan, Banggai Laut, Sulawesi Tengah. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4.
Utami, R. D., Minsih, Praytino, H. J., Pristi, E. D., Ayu Lestari, R. Y., Handayani, D., . . . Shohenuddin. (2023, Juni). Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Kelas Rangkap pada Sanggar Belajar Malaysia Berpendekatan Profil Pelajar Pancasila. Buletin KKN Pendidikan, 5, 96-106. doi:10.23917/bkkndik.v5i1.22889
Wijaksono, A., Suroya, A., & Septafi, G. (2024). Implementasi Manajemen Pembelajaran Kelas Rangkap dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Sekolah Dasar. Journal Education and Counseling, 4, 60-68.