UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SUBTEMA KEINDAHAN ALAM NEGERIKU BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 164 PASAR MAGA

Isi Artikel Utama

Herlina Sari
Monica Theresia
Sartika Rati Asmara Nasution

Abstrak

This study aimed to describe improvement students’ achievement on the topic sub tema Keindahan Alam Negeriku by using example non example learning model at the fourth grade students at SD Negeri 164 Pasar Maga. The approach of the research used Class Action Research and the total subject were 16 students. Observation and test were used in collecting the data. The first cycle, students’ achievement on the topic sub tema Keindahan Alam Negeriku showed the mean 61.25 and  7 students (43.75%) reached Minimum Completeness Criteria. Observation sheet showed students’ activities in learning process was 50.83% (enough category).  Furthermore the second cycle showed the mean 73.75  and 13 students (81.25%) reached Minimum Completeness Criteria. Observation sheet showed students’ activities in learning process was 81.6% (very good category). It’s concluded examples non-examples learning model  able to improve students’ achievement on the topic on the topic sub tema Keindahan Alam Negeriku at the the fourth grade students at SD Negeri 164 Pasar Maga.


 


Keywords: examples non-examples learning model, students’ achievement, Keindahan Alam Negeriku


 


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa pada materi sub tema Keindahan Alam Negeriku dengan menggunakan model pembelajaran example non example pada siswa kelas IV SD Negeri 164 Pasar Maga. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dan jumlah subjek penelitian adalah 16 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam pengumpulan data. Siklus I, prestasi belajar siswa pada sub tema Keindahan Alam Negeriku menunjukkan rata-rata 61,25 dan 7 siswa (43,75%) mencapai KKM. Lembar observasi menunjukkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sebesar 50,83% (kategori cukup). Selanjutnya siklus II menunjukkan rata-rata 73,75 dan 13 siswa (81,25%) mencapai KKM. Lembar observasi menunjukkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sebesar 81,6% (kategori sangat baik). Disimpulkan model pembelajaran example non example mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi sub tema  Keindahan Alam Negeriku pada siswa kelas IV SD Negeri 164 Pasar Maga.


 


Kata kunci: model pembelajaran example non example, prestasi belajar, Keindahan Alam Negeriku


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sari, Herlina, Monica Theresia, dan Sartika Rati Asmara Nasution. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SUBTEMA KEINDAHAN ALAM NEGERIKU BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 164 PASAR MAGA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 1 (Februari 15, 2022): 48–57. Diakses November 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/264.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 2 3 4 5 6 7