BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS 6 SD NEGERI 1 CILANGKAP
Isi Artikel Utama
Abstrak
Budaya sekolah yang kuat dan positif dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran, sedangkan budaya yang negatif bisa berdampak buruk pada kualitas pendidikan dan kesejahteraan siswa serta staf sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana budaya sekolah dapat berperan dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran IPS di kelas 6 SD Negeri 1 Cilangkap. Penelitian ini dilakukan di kelas 6 SD Negeri 1 Cilangkap, Gumelar dengan subjek penelitian terdiri dari 7 siswa kelas 6, guru kelas 6, kepala sekolah, dan orang tua/wali siswa menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan mereduksi data, yaitu menyaring, memilih, dan memfokuskan data yang relevan dengan fokus penelitian dan disajikan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah di SD Negeri 1 Cilangkap telah diterapkan dalam berbagai aspek pembelajaran, terutama dalam mata pelajaran IPS di kelas 6. Budaya sekolah yang mencakup nilai-nilai disiplin, tanggung jawab, gotong royong, dan toleransi terlihat dalam berbagai kegiatan di dalam maupun di luar kelas. Budaya sekolah melandasi perilaku seseorang. Kegiatan siswa ketika datang ke sekolah disambut dengan senyum, salam dan sapa, kegiatan ini rutin diterapkan setiap pagi dengan menggunakan 5 budaya sekolah yang menuju karakter siswa. Budaya sekolah yang dikembangkan seperti literasi, kegiatan pembiasaan awal dan akhir KBM, pembiasaan perilaku baik yang bersifat spontan, menerapkan tata tertib sekolah. Guru kelas 6 secara aktif mengintegrasikan nilai-nilai tersebut dalam pembelajaran IPS melalui metode pembelajaran berbasis diskusi kelompok, studi kasus, dan simulasi peran (role-playing).Berdasarkan hasil penelitian, budaya sekolah di kelas 6 SD Negeri 1 Cilangkap memiliki peran yang signifikan dalam membentuk karakter siswa dalam pembelajaran IPS. Budaya sekolah yang mencakup disiplin, tanggung jawab, gotong royong, dan toleransi telah diterapkan secara konsisten dalam proses pembelajaran, sehingga berdampak positif pada perkembangan karakter siswa.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Adi, Ega Rahmat Cahya. “Partisipasi Warga Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Akademik Di Smk Ypp Purworejo.” Integration of Climate Protection and Cultural Heritage: Aspects in Policy and Development Plans. Free and Hanseatic City of Hamburg 26, no. 4 (2013): 1–37.
Aini, Syarifah, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Universitas Bina Bangsa, Vivit Nurhikmah Havita, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Universitas Bina Bangsa, Pendidikan Antropologi, and Universitas Negeri Medan. “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Budaya Di Sekolah Melalui Cerita Narasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia :” 4, no. 2 (2024): 1–11.
Ansar, Irmawanty, and Yustika Wira Rukman. “Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa.” KROMATIN: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi 1, no. 1 (2020): 2020. https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p480-487.
Area, Universitas Medan. “Budaya Sekolah (School Culture): Pengertian, Pentingnya, Dan Faktor Pembentuknya,” 2024.
Azzahra, Labibah. “Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis Budaya Terhadap Sikap Toleransi Antarbudaya Siswa Sekolah Menengah Pertama.” SOSIAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS 2, no. 3 (2024): 16–25.
Ependi, Nur Haris. “Pendidikan Karakter,” 2023.
Harapan, Universitas Pelita. “BAB II” 66, no. July (2011): 6–17.
Hardinata, Mullia. “Hubungan Lingkungan Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Memelihara Baterai Lelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang.” Automotive Engineering Education Journal 1, no. 1 (2015): 1–14.
Indonesia, Edu Channel. “Budaya Sekolah,” 2022.
Iryana, Dkk. “Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif” 21, no. 58 (2012): 99–104. https://www.unhcr.org/publications/manuals/4d9352319/unhcr-protection-training-manual-european-border-entry-officials-2-legal.html?query=excom 1989.
Manalu, Netty Helmina. “Jurnal Pendidikan Ips.” Kompleksitas Konflik Ukraina-Rusia Vol. 12, N, no. Konflik Ukraina-Rusia (2022): 39–48. https://doi.org/10.37630/jpi.v12i1.617.
Maryamah, Eva. “2016, Pengembangan Budaya Sekolah, Jurnal Tarbawi (Jurnal Online), Vol 2, No 2. Hal 86-96.” Tarbawi (Jurnal Online) 2, no. 02 (2016): 86–96. https://media.neliti.com/media/publications/publications/256481-pengembangan-budaya-sekolah-1bf3dd81.pdf.
Megawati, Rintati, and Tutuk Ningsih. “Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).” Jurnal Pendidikan 8, no. 2 (2020): 249–63.
Nikmatulaili, Nikmatulaili, Rifma Rifma, and Syahril Syahril. “Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 6, no. 1 (2023): 262–69. https://doi.org/10.31539/joeai.v6i1.5696.
Rahmad. “Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Sekolah Dasar Journal Homepage: Http://Ojs.Uniska-Bjm.Ac.Id/Index.Php/Muallimuna” 2, no. 1 (2016): 67–78.
Riadi, Akhmad. “Membangun Karakter.” Sustainability (Switzerland) 11, no. 1 (2019): 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari.
Saleh, Zamharirah. “BAB III Analisis 2.” 1Lexy J. Meleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007), 1 (2021): 9–25. http://repository.iainpare.ac.id/2732/.
Suhendra, Sayyidina, Sumila, Lubis Pitri, and Umar Andi. “Analisis Penerapan Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah MAN 2 Model Medan.” Bahasa Dan Ilmu Sosial 2, no. 4 (2024): 270–87. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i4.968.
Suwartini, Sri. “Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan.” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 4, no. 1 (2017): 220–34. https://media.neliti.com/media/publications/259090-pendidikan-karakter-dan-pembangunan-sumb-e0cf1b5a.pdf.
Tawa, Angelika Bule. “Kebijakan Pendidikan Nasional Dan Implementasinya Pada Sekola Dasar.” SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral 4, no. 2 (2019): 107–17. https://doi.org/10.53544/sapa.v4i2.82.
Yusnaldi, Eka, Auliah Fitriani, Bunga Roro Pamesti, Cindy Agustiana Tanjung, Dara Gustia Amsah, and Dila Nursyahfitri. “DASAR MELALUI PEMBELAJARAN IPS” 8, no. 6 (2024): 102–7.