OPTIMALISASI PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN TEKNOLOGI DI SDN 02 CIKEMBULAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SDN 02 Cikembulan memiliki tantangan dalam mengoptimalkan pemahaman siswa terhadap materi yang berkaitan dengan lingkungan sosial dan budaya. Hal ini disebabkan karena masih terbatasnya penerapan metode pembelajaran yang inovatif, sehingga berpotensi menghambat pemahaman dan keterlibatan siswa dalam materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggali metode inovatif yang digunakan oleh guru dalam mengajarkan IPS kepada siswa kelas V di SDN 02 Cikembulan. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kela V dan objeknya adalah proses pembelajaran IPS di SDN 02 Cikembulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi langsung terhadap proses pembelajaran di kelas. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SDN 02 Cikembulan telah berhasil mengimplementasikan berbagai metode pembelajaran inovatif, seperti pendekatan kontekstual, pemanfaatan teknologi, dan pembelajaran berbasis diskusi. Begitu pula bagi siswa-siswi kelas V, metode-metode ini terbukti meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi IPS dan membangun keterampilan sosial mereka.
Kata kunci: ilmu pengetahuan sosial, guru profesional, metode pembelajaran inovatif
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SDN 02 Cikembulan memiliki tantangan dalam mengoptimalkan pemahaman siswa terhadap materi yang berkaitan dengan lingkungan sosial dan budaya. Hal ini disebabkan karena masih terbatasnya penerapan metode pembelajaran yang inovatif, sehingga berpotensi menghambat pemahaman dan keterlibatan siswa dalam materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggali metode inovatif yang digunakan oleh guru dalam mengajarkan IPS kepada siswa kelas V di SDN 02 Cikembulan. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kela V dan objeknya adalah proses pembelajaran IPS di SDN 02 Cikembulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi langsung terhadap proses pembelajaran di kelas. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SDN 02 Cikembulan telah berhasil mengimplementasikan berbagai metode pembelajaran inovatif, seperti pendekatan kontekstual, pemanfaatan teknologi, dan pembelajaran berbasis diskusi. Begitu pula bagi siswa-siswi kelas V, metode-metode ini terbukti meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi IPS dan membangun keterampilan sosial mereka.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers
Andriani, D. E. 2010. Mengembangkan Profesionalitas Guru Abad 21 Melalui Program Pembimbingan yang Efektif. Jurnal Manajemen Pendidikan, No. 02, 111985
Ayuwulandari, dkk. 2025. Inovasi Media Pembelajaran Quizpard pada Pembelajaran PPKn Kelas X-6 SMAN 11 Medan. Jurnal Future Academia, Vol. 3 No. 1, Februari 2025
Chasanah, Maghfirotun dan Tutuk Ningsih.2023.Analisis Empat Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran IPS di MI Ma’arif NU Penaruban. Jurnal Kependidikan, Vol. 11, No. 1 Mei 2023
Danim, Sudarwan.2012.Pengembangan Profesi Guru.Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Hamid, Abd.2020.Profesionalisme Guru dalam Proses Pembelajaran.Jurnal Aktualita, Vol. 10 (1), Juni 2020
Hasibuan, M. Idrus.2014.Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning).Jurnal Logaritma, Vol. 11, No. 1, Januari 2014
Isnaeni, Yuni, dan Tutuk Ningsih.2021.Pembentukan Karakter Peduli Sosial Melalui Pembelajaran IPS.Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, Vol. 5, No. 3
Kusumawardini, Ananda P dan Linda Diah. 2021. Pengaruh Penggunaan Teknologi Digital dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar.Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Soial Humaniora, Vol. 1 No. 3, September 2021
Muhartini, dkk.2023.Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Problem Based Learning.Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, Vol.1, No.1 Januari 2023
Nashrullah.2022.Pembelajaran IPS (Teori dan Praktik). Kalimantan: El Publisher
Ningsih, Tutuk. 2017. Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Confucius Terpadu SD Mulia Bakti Purwokerto Kabupaten Banyumas. Jurnal Insania, Vol. 22, No. 1, Januari-Juni 2017
Prayoga, Fatkhul Ibnu, dkk.2024.Pentingnya Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Social, Humanities, and Educational Studies, Vol. 7, No. 3
Rapingah, Siti dkk.2022.Buku Ajar Metode Penelitian. Sulawesi: Feniks Muda Sejahtera
Rijali, Ahmad.2018.Analisis Data Kualitatif.Jurnal Alhadharah, Vol. 17 No. 33, Januari-Juni 2018
Sakti, Abdul.2023.Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital.Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, Vol. 2, No.2, Mei 2023
Tiwan dan Tutuk Ningsih.2022.Inovasi Pembelajaran IPS Melalui Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK).Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 8 No. 4, Oktober 2022
Zunidar. 2019. Peran Guru dalam Inovasi Pembelajaran. Jurnal Nizhamiyah, Vol. IX No. 2, Juli-Desember 2019
Wawancara dengan siswa-siswi kelas V SDN 02 Cikembulan, yang dilakukan pada 12 Maret 2024 di SDN 2 Cikembulan.