IMPLEMENTASI NILAI NASIONALISME MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKAPADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 01 SEMEDO
Isi Artikel Utama
Abstrak
Dekadensi nilai nasionalisme di kalangan siswa sekolah dasar menjadi tantangan signifikan dalam era globalisasi. Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka berperan sebagai sarana strategis dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme melalui pengalaman langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai nasionalisme dalam kegiatan Pramuka bagi siswa kelas III di SD Negeri 01 Semedo. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai nasionalisme ditanamkan melalui upacara pembukaan latihan, permainan edukatif, pengujian Syarat Kecakapan Umum (SKU), serta pengenalan seni budaya dan wawasan kebangsaan. Kegiatan ini melatih kedisiplinan, tanggung jawab, kerja sama, dan rasa cinta tanah air siswa. Namun, implementasinya menghadapi kendala, seperti keterbatasan fasilitas, kurangnya motivasi siswa, serta minimnya keterlibatan orang tua. Oleh karena itu, diperlukan optimalisasi peran pembina melalui pelatihan, penyediaan fasilitas, serta metode pembelajaran berbasis pengalaman. Temuan ini menegaskan bahwa dengan strategi yang tepat, Pramuka dapat menjadi sarana efektif dalam membentuk karakter nasionalis generasi muda sejak dini.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Basuni, A. F., & Ningsih, T. (2025). Peran media sosial dalam transformasi proses pembelajaran dan interaksi sosial pada generasi digital. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 176–187. https://doi.org/10.62491/njpi.2025.v5i1-14
Dewantara, et al. (2023). Kurangnya rasa nasionalisme pada anak: Tantangan dan upaya penguatan identitas nasional di era kontemporer.
Hadiputri, L. S., & Listyaningsih, L. (2022). Penanaman nilai karakter disiplin, nasionalisme, dan patriotisme siswa melalui ekstrakurikuler Pramuka di SMAN 1 Gedangan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 3840–3858. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7222
Hardiantina, R. (2018). Implementasi program ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk nasionalisme siswa di SD Negeri Muntilan. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 7(6), 606–613.
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 199 Tahun 2011 tentang Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum.
Khoir, M. A., Widyaningsih, E., & Muharromah, F. (2025). Implementasi pemikiran Ki Hajar Dewantara pada dunia pendidikan: Literatur review. TSAQOFAH, 5(1), 879–896. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v5i1.4649
Lestari, D., & Ain, S. Q. (2022). Peran budaya sekolah terhadap pembentukan karakter siswa kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 105–112. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45124
Lickona, T. (2016). Educating for character: Mendidik untuk membentuk karakter (Terj. Juma Abdu Wamaungo). Bumi Aksara.
Milles, M. B., & Huberman, A. M. (2007). Analisis data kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Moleong, L. J. (2009). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nainggolan, N. (2016). Peranan kepramukaan dalam membina sikap nasionalisme pada gugus Melati Banda Aceh. Elementary Education Research, https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/view/447/276
Ningsih, T. (2015). Implementasi pendidikan karakter. STAIN Press: Purwokerto.
Ningsih, T. (2017). Pendidikan multikultural dalam membentuk karakter bangsa melalui pembelajaran IPS di sekolah Confucius Terpadu SD Mulia Bakti Purwokerto Kabupaten Banyumas. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 22(2), 366–377. https://doi.org/10.24090/insania.v22i2.1225
Ningsih, T. (2018). Implementasi pendidikan karakter dalam perspektif di sekolah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16(2), 235–254. https://doi.org/10.24090/insania.v16i2.1590
Ningsih, T. (2019). Peran pendidikan Islam dalam membentuk karakter siswa di era revolusi industri 4.0 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 220–231. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3049
Nur Sho, A., & Ihyani, L. (2019). Hubungan ekstrakurikuler Pramuka dengan jiwa nasionalisme siswa kelas IV dan V SDN Banyubiru 01 Kabupaten Semarang. https://doi.org/10.61689/waspada.v3i1.125
Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2021). Membentuk karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka pada anak usia 6-8 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952–959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603
Pasudi, C. F., Arsyad, S. N., & Irwandi, A. (2022). Pengaruh keaktifan kegiatan Pramuka terhadap sikap nasionalisme siswa di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar. Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 375–384. https://doi.org/10.52208/embrio.v7i2.815
Pemerintah Republik Indonesia. (2010). Kebijakan Nasional, Pembangunan Karakter Bangsa 2010–2025.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Rahmatiya, I., & Zulfiati, H. M. (2020). Penanaman nilai karakter nasionalisme dan patriotisme pada pembelajaran tematik bermuatan IPS siswa kelas IV SD Negeri Singosaren Bantul. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 7(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i1.8393
Ramadhani, N., Dewi, A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Meningkatkan nasionalisme dalam karakter pendidikan kepramukaan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 646–651.
Rosyidina, R., & Azizah, M. N. (n.d.). Menanamkan sikap nasionalisme melalui gerakan Pramuka di SD Al-Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal.
Septiani, K. U., Lasmawan, W., & Budiarta, W. (2024). Peran ekstrakurikuler Pramuka dalam memperkuat pendidikan karakter. Journal of Education Action Research, 8(4), 671–678. https://doi.org/10.23887/jear.v8i4.91139
Sinaulan, B. (2024). Baden-Powell: Bacaan untuk para pembina Pramuka. Cirebon: Ruang Aksara Media.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taubah, M., & Chasanah, U. (2018). Peranan gerakan Pramuka dalam menanamkan sikap nasionalisme di Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus di MIN Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018). ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 6(2), 337–354. https://doi.org/10.21043/elementary.v6i2.4398
Wijaksono, M. (2021). Metode pembelajaran tuntas dalam pendidikan kepramukaan perspektif Al-Qur’an dan implementasinya di SMP IT Al-Husein Tigaraksa. (n.p.): Penerbit NEM.
Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Teras.
Yudana, Y. I., Nadziroh, N., & Chairiyah, C. (2024). Implementasi nilai nasionalisme melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka pada siswa kelas V di SD Negeri Sumberwatu Sleman. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 11(1), 103–109. https://doi.org/10.30738/trihayu.v11i1.18872