STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS DI SD/MI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pengembangan media pembelajaran yang efektif merupakan salah satu strategi penting yang dapat diterapkan oleh guru dalam meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI). Media pembelajaran yang menarik dan inovatif dapat membantu siswa memahami konsep abstrak dalam IPS serta mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam mengembangkan media pembelajaran IPS di SD/MI serta tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru IPS, serta analisis dokumen terkait. Subjek penelitian terdiri dari guru-guru SD/MI yang telah menerapkan berbagai media pembelajaran dalam pengajaran IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi dalam mengembangkan media pembelajaran, seperti pemanfaatan media visual (peta, gambar, video animasi), media digital interaktif, serta permainan edukatif berbasis IPS. Guru juga menerapkan pendekatan kontekstual dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Namun, beberapa kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan fasilitas teknologi, kurangnya pelatihan bagi guru dalam pembuatan media digital, serta waktu yang terbatas untuk merancang media pembelajaran yang inovatif. Kesimpulannya, strategi guru dalam pengembangan media pembelajaran IPS di SD/MI sangat beragam dan memiliki peran penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dukungan dalam bentuk pelatihan, penyediaan fasilitas, serta kebijakan yang mendukung inovasi pembelajaran sangat diperlukan agar pengembangan media pembelajaran dapat lebih optimal.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Azizah, Amirah Al May. “Analisis Pembelajaran Ips Di Sd/Mi Dalam Kurikulum 201.” JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) 5, no. 1 (2021): 1. https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.266.
Bursa Efek Indonesia. (2023). Panduan IPO di BEI. Jakarta: BEI
Darmadji, T., & Fakhruddin, H. M. (2011). Pasar Modal di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers
Fauziah, Nabilla Nur, Randita Lestari, Tin Rustini, Muh. Husen Arifin, Tri Wibowo, and Amirah Al May Azizah. “Southeast Asian Journal of Islamic Education Mata Pelajaran IPS Di MI / SD : Sebuah Strategi.” AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 6, no. 1 (2019): 147–63.
Hopeman, Teofilus Ardian, Nur Hidayah, and Winda Arum Anggraeni. “Hakikat, Tujuan Dan Karakteristik Pembelajaran Ips Yang Bermakna Pada Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Kiprah Pendidikan 1, no. 3 (2022): 141–49. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.25.
Iyan, Acep, Acil Ridwan, and Tin Rustini. “Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar.” Journal on Education 5, no. 1 (2022): 908–17. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.706.
Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. 2014. Qualitative Data Analysis (Terjemahan. Jakarta: UI Press.
Ningsih, Tutuk, Zamroni Zamroni, and Darmiyati Zuchdi. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 8 Dan Smp Negeri 9 Purwokerto.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 3, no. 2 (2016): 225–36. https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i2.9811.
Otoritas Jasa Keuangan. (2023). Regulasi Pasar Modal di Indonesia. Jakarta: OJK.
Rosardi, Raras Gistha, and Darmiyati Zuchdi. “Keefektifan Pembelajaran Ips Dengan Strategi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Dan Kepedulian Siswa.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 1, no. 2 (2014). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2440.
Sapriya. Pendidikan IPS: Konsep Dan Pembelajaran. bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Sulastri, Imran, and Arif Firmansyah. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 2 Limbo Kecamatan Bumi Raya.” Jurnal Kreatif Online 3, no. 1 (2014): 90–103.
Sulistyosari, Yunike, Hermon Maurits Karwur, and Habibi Sultan. “Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar.” Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN 7, no. 2 (2022): 66–75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114.
Syukron, Buyung. “Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) ( Studi Pembelajaran Terpadu Pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah ).” Tarbawiyah 12, no. 01 (2015): 115–117. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/view/426/227.
Wahid, Nur. Perbankan Syariah: Tinjauan Hukum Normatif Dan Hukum Positif. Prenada Media, 2021.