EMPAT KOMPETENSI GURU DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI 3 CANDINEGARA KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penerapan empat kompetensi guru (pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian) yaitu penguasaan materi, strategi pembelajaran, manajemen kelas, dan keterampilan komunikasi dalam pengembangan pembelajaran IPS di SDN 3 Candinegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penenlitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru, siswa, dan kepala sekolah dan analisis dokumen. Adapun analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan Miles dan Huberman yakni dimulai dengan reduksi, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogic guru SD Negeri 3 Candinegara bervariasi. Beberapa guru telah menunjukkan kemmapuan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada siswa, sementara yang lain masih menggunakan metode konvensioanl. Kompetensi kepribadian guru secara umum baik, tercermin dari sikap tanggungjawab, dan keteladanan. Kompetensi social guru dalam berinteraksi dengan siswa, rekan sejawat, dan orang tua siswa terjalin dengan baik. Namun kompetensi professional guru, terutama dalam penguasaan materi IPS yang mendalam dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keempat kompetensi guru memiliki peran penting dalam pengembangan pembelajaran IPS di SD Negeri 3 Candinegara. Namun diperlukan upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi professional guru yang berfokus pada peningkatan kompetensi professional, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dan hasil belajar siswa di SD Negeri 3 Candinegara.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Chasanah, M., & Ningsih, T. (2023). Analisis Empat Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran IPS Di MI Ma’arif NU Penaruban. Jurnal Kependidikan, 11(1), 105-117. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i3.35961
Arif, M. (2013). Manajemen Madrasah Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.415 -438
Dr, T., & Purnamasari, M. (2021). Integrasi Metode Pada Pembelajaran Tematik Ips Dan Pkn Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD IT Alam Garut. Journal Civics and Social Studies, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31980/civicos.v5i1.1192.
Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.
Fadillah, H. N. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas V SDN 01 Sidoharjo Pringsewu. [BachelorThesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61949
Hamid, S., & Utama, W. (2020). Pengaruh Kompetensi Paedagogik Dan Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Ix Smp Barunawati Ii. Research and Development Journal of Education, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.14893
Lubis, N. S. (2022). Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah: Kontribusi Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8847
Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. 2014. Qualitative Data Analysis (Terjemahan. Jakarta: UI Press.
Muradi, A. (2016). Pengembangan Kompetensi Guru Bahasa Arab Melalui Imla Sebagai Organisasi Profesi. Arabi : Journal of Arabic Studies, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24865/ajas.v1i2.2
Nukman, M. (2022). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran IPS SD Pada Mahasiswa PGSD FKIP UIR. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10521