BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SD NEGERI 2 GLEMPANG

Isi Artikel Utama

Yeni Lestiarini
Tutuk Ningsih

Abstrak

Menanamkan nilai-nilai moral, etika, dan sosial yang kuat pada anak-anak merupakan tujuan utama dari program pembangunan karakter di sekolah. Budaya sekolah merupakan salah satu elemen terpenting yang membantu membentuk karakter seseorang. Agar siswa dapat mengembangkan kepribadian yang lebih kuat, penting untuk memasukkan pendidikan karakter ke dalam budaya sekolah. Memperkenalkan prosedur ini kepada anak-anak di usia muda akan membuatnya lebih efektif. Demikian pula, pendidikan karakter di sekolah dasar dan unit pendidikan dasar lainnya sangat penting untuk meletakkan dasar bagi karakter masa depan anak-anak. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Alih-alih menggunakan data numerik atau statistik, teknik deskriptif kualitatif memaparkan skenario atau kondisi yang diteliti melalui deskripsi naratif, dan data yang dikumpulkan dalam bentuk kata-kata, foto, atau tindakan. Kami memilih metode ini karena kami ingin mengetahui bagaimana budaya SD Negeri 2 Glempang memengaruhi kepribadian siswa melalui interaksi mereka dengan guru dan teman sekelas serta rutinitas dan pengalaman sehari-hari mereka di sana. Temuan penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah SD Negeri 2 Glempang secara signifikan memengaruhi pengembangan karakter siswa. Penelitian menunjukkan bahwa iklim sekolah yang mendukung memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan pribadi anak-anak. SD Negeri 2 Glempang telah membangun iklim sekolah yang stabil dan memberikan dukungan yang sangat baik untuk pertumbuhan pribadi siswa. Wawancara dengan siswa telah menunjukkan bahwa mereka meniru tindakan guru mereka dalam kehidupan nyata. Dalam hal akuntabilitas, kesadaran sosial, dan disiplin, kepala sekolah dan instruktur SD Negeri 2 Glempang telah menjadi contoh bagi siswa untuk diikuti. Siswa dapat berhasil menyerap kualitas karakter melalui pembiasaan cita-cita keagamaan, kegiatan ekstrakurikuler, kerja sama timbal balik, dan disiplin. Meskipun demikian, pendidikan karakter di luar lingkungan sekolah memerlukan bantuan tambahan dari orang tua dan masyarakat untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Untuk pengembangan karakter yang lebih baik pada siswa, harus ada kerja sama antara masyarakat, keluarga, dan sekolah untuk menciptakan budaya sekolah yang dapat bertahan dalam ujian waktu.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lestiarini, Yeni, dan Tutuk Ningsih. “BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SD NEGERI 2 GLEMPANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1798–1805. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2926.
Bagian
Artikel

Referensi

Alex, Pak. “Pengertian Budaya Adalah.” Pengajar.Co.Id, no. 1993 (2021): 1–23. https://pengajar.co.id/pengertian-budaya-adalah/.

Amaliyah, Sania. “Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hadjar Dewantara.” Journal of Chemical Information and Modeling 5, no. 9 (2021): 1766–70. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1171.

Area, Universitas Medan. “Budaya Sekolah (School Culture): Pengertian, Pentingnya, Dan Faktor Pembentuknya,” 2024.

Aziza, Nur. “Jenis Dan Pendekatan Penelitian Penelitian.” Metode Penelitian Kualitatif, no. 17 (2017): 45–54.

Charismana, Dian Satria, Heri Retnawati, and Happri Novriza Setya Dhewantoro. “Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta.” Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn 9, no. 2 (2022): 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333.

Dalmeri, Dalmeri. “Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter.” Journal of Chemical Information and Modeling 14, no. 1 (2014): 269–88.

Kadir, Muntasir A. “Penerapan Program Kedisiplinan Dalam Membentuk Karakter Siswa SMK Di Lingkungan Sekolah: Studi Kasus Di SMK Swasta Jamiah Al-Aziziyah Samalanga.” … At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 9439 (2021): 226–36. https://ejournal.iaialaziziyah.ac.id/index.php/jiat/article/view/102.

Loloagin, Glorya, Djoys Anneke Rantung, and Lamhot Naibaho. “Implementasi Pendidikan Karakter Menurut Perspektif Thomas Lickona Ditinjau Dari Peran Pendidik PAK.” Journal on Education 05, no. 03 (2023): 6012–22.

Maisyaroh, F. Z, and Miterianifa. “Pendidikan Karakater Siswa Dalam Pembelajaran IPA Abad 21.” Journal of Natural Science Learning 2, no. 2 (2023): 75–82.

Ningsih, Tutuk. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Di Sekolah.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 16, no. 2 (2018): 235–54. https://doi.org/10.24090/insania.v16i2.1590.

Rahadrjo, Mudjia. “Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif,” 2011.

Rahayu, Fanny Septiany. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Indonesian Journal of Educational Counseling 8, no. 1 (2024): 130–34. https://doi.org/10.30653/001.202481.359.

Riadi, Akhmad. “Membangun Karakter.” Sustainability (Switzerland) 11, no. 1 (2019): 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.

Saputra, Miswar, and Nanda Saputra. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekoleh Di SD Negeri 1 Sigli.” Proceding : Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 2020, 319–28.

Shoumi, Putri Nur, and Evicenna Yuris. “Peran Lingkungan Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SD Al Washilyah 15 Medan” 2, no. September (2024): 84–88.

Suhendra, Sayyidina, Sumila, Lubis Pitri, and Umar Andi. “Analisis Penerapan Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah MAN 2 Model Medan.” Bahasa Dan Ilmu Sosial 2, no. 4 (2024): 270–87. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i4.968.

Timur, Kalimantan. “EDUPRO : PROSIDING BERKALA ILMU PENDIDIKAN EDUPRO : PROSIDING BERKALA ILMU PENDIDIKAN,” n.d., 8–15.

University, Tazkia. “Konsep Pendidikan Karakter Thomas Lickona,” 2023.

Wardani, Wulan, and Faridah Faridah. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar Islam.” Jurnal Administrasi, Kebijakan, Dan Kepemimpinan Pendidikan (JAK2P) 2, no. 2 (2021): 118. https://doi.org/10.26858/jak2p.v2i2.10149.

Warini, Sisin, Yasnita Nurul Hidayat, and Darul Ilmi. “Teori Belajar Sosial Dalam Pembelajaran.” ANTHOR: Education and Learning Journal 2, no. 4 (2023): 566–76. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i4.181.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama