PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN IPS PAKET A PKBM AL-ZAYTUN INDRAMAYU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pembelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Pembelajaran IPS bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa, serta memahami konsep-konsep sosial dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis warga belajar dalam pembelajaran IPS melalui penerapan metode diskusi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian tutor dan warga belajar Paket A (setara SD/MI) PKBM Al-Zaytun sedangkan objeknya adalah metode diskusi. Dengan teknik pengumpulan data melalui diskusi, wawancara, atau observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif untuk memahami makna dan konteks data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa dalam pembelajaran IPS. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan partisipasi warga belajar dalam proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi warga belajar untuk belajar IPS.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Agus Wahyudi dan Novia Nur Kharisma, 2018. Tak Kenal Maka Tak Sayang. Modul Tema 1. Imu Pengetahuan Sosial Paket A Setara SD/MI Tingkatan II. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan-Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Humas Jabar, 2025. Banjir Bekasi Belum Surut, Warga Butuh Bantuan Mendesak. https://jabarprov.go.id/berita/banjir-bekasi-belum-surut-warga-butuh-bantuan-mendesak-17783. Diakses pada 10 Maret 2025.
Irma Purnama, 2022. Kriteria Pemilihan Materi Pembelajaran. https://www.kompasiana.com/irmapurnama8143/62414672274a7a78491a1fe2/kriteria-pemilihan-materi-pembelajaran. diakses pada 07 Maret 2025
Kristianty, D. 2021. Pengaruh metode ceramah dan dialog terhadap motivasi belajar. JURNAL MADiNASILLKA Manajemen Pendidikan dan Keguruan, 3(1), 21-30.
Ngadha, C., Nanga, B., Ledu, M. G. G., Dhiu, M. I., & Lawe, Y. U. 2023. Penerapan metode diskusi untuk mengaktifkan proses berpikir kritis siswa kelas 3 SD dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(1), 36-46.
Rahmawati, R., & Bariah, O. 2024. Pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar murid kelas x pada mata pelajaran pendidikan agama islam di MAN 2 Karawang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 4634-4646.
Ridwan, A., Abdurrohim, A., & Mustofa, T. 2023. Penerapan metode diskusi dalam meningkatkan semangat belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN Plawad 04. ANSILLRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 276-283.
Sadun, S. 2022. Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Imu Pengetahuan Sosial Kelas VIII MTs Negeri 1 Pati. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 77-84.
Safitri, D., Oktovia, D., Sari, P. A., Amalia, R., & Salsabila, S. 2024. Prinsip dan Tujuan Pembelajaran IPS Membangun Warga Negara Berpengetahuan Luas dan Berpikir Kritis. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 2(1), 53-59.
Sa’diyah, H., Islamiah, R., & Fajari, L. E. W. 2022. Meningkatkan Keterampian Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Diskusi Kelompok: Literature Review. Journal of Professillonal Elementary Education, 1(2), 148-157.
Supriyati, I. 2020. Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran keterampian berbicara pada siswa kelas viii mtsn 4 palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(1), 104-116.
Tambak, S. 2015. Metode diskusi dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Imu Pengetahuan, 12(1), 1-20.
Tarsini, T., & Ningsih, T. 2021. Integrasi pembelajaran ips dan ipa kelas iv di madrasah ibtidaiyah pembina pengamalan agama (mi p2a) meri kutasari purbalingga. Jurnal Imiah Mandala Education, 7(3), 382-388.
Widiastuti, E. H. 2017. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber pembelajaran mata pelajaran IPS. Satya Widya, 33(1), 29-36.
Wijaya, S. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Imu Pengetahuan Sosial. Pedagonal: Jurnal Imiah Pendidikan, 4(1), 16-20.
Windasari, R., Lasmawan, I. W., & Kertih, I. W. 2024. Strategi Efektif untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran IPS Bagi Guru Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Imu Pendidikan, 7(4), 54-68.
Wulandini, N. P. W., Wiweka, I. W. E., & Bayu, G. W. 2021. Efektivitas metode diskusi pada pembelajaran daring dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 143-149.