GURU KREATIF DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS DI SDN 01 SEMEDO

Isi Artikel Utama

Supriyono supriyono
Tutuk Ningsih

Abstrak

Media pembelajaran memegang peran penting dalam proses penyampaian materi, media pembelajaran yang kreatif dapat menciptakan suasana belajar yang menyenagkan dan lebih mudah diterima oleh siswa. Pembelajaran IPS merupakan Pelajaran tang kompleks dan membutuhkan pemahaman yang mendalam, sehingga guru juga dituntut untuk dapat menciptakan suasana dan media belajar yang mendukung materi yang akan disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kreativitas guru dalam mengajarkan pembelajaran yang inovatif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas V SD Negeri 1 Semedo, Kecamatan Pekuncen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas kepala sekolah, guru, dan peserta didik kelas V SD Negeri 1 Semedo. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru telah menunjukkan kreativitas dalam pengembangan media pembelajaran IPS, khususnya dalam menyajikan materi peristiwa kedatangan bangsa Barat dengan menggunakan konsep imajinatif, merangsang ide dan karya orisinal, menerapkan variasi pola interaksi, gaya mengajar, serta ragam pesan, serta menerapkan evaluasi langsung; (2) guru juga telah kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran dan sumber belajar dengan memproduksi media secara mandiri.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
supriyono, Supriyono, dan Tutuk Ningsih. “GURU KREATIF DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS DI SDN 01 SEMEDO”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1788–1797. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2936.
Bagian
Artikel

Referensi

Amirullah, F. S., Fanirin, M. H., & Ramadhan, F. H. (2022). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara dan Membaca dengan Bahasa Arab di TPA Mutiara Harapan Mustikajaya Bekasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6835.

Hasibuan, A., Novita, D., Tarigan, N. M. R., Yusrita, Y., & Riana, Z. (2021). Kewirausahaan. Yayasan Kita Menulis.

Jacub, T. A., Marto, H., & Darwis, A. (2020). Model pembelajaran problem-based learning dalam peningkatan hasil belajar IPS (Studi penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 2 Tolitoli). Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.56630/jti.v2i2.126.

Khomsiyatun, U. (2018). Pembelajaran kreatif berbasis literasi bahasa menumbuhkan anak yang cerdas dan kreatif. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), Article 2. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.229

M.Pd, M. I. H., S. T. (2019). Secuil esensi berpikir kreatif & motivasi belajar siswa. Pantera Publishing

M.Pd, A. M. A., S. Pd I., M.S.I, N. K., S. Pd I., M.Pd.I, M., M.Pd, R. U., M.Pd, R. P., & M.Pd, R. R., S. Pd I. (2021). Strategi pembelajaran: Orientasi standar proses pendidikan. EDU Publisher

Mappapoleonro, A. M. (2019). Profesionalisme guru PAUD abad 21 dalam mengembangkan pembelajaran kreativitas anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, PUTM-004.

Nehe, E. (2020). Problematika guru berkompetensi tidak terlatih terhadap kemajuan sekolah. Jurnal Alasma: Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah, 2(2), Article 2

Parinduri, S. H., Sitompul, M. S., & Jannah, P. K. (2022). Manfaat media pembelajaran EdrawMind untuk melatih kreativitas mahasiswa fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.58466/intern.v1i2.791.

Rahmiati , Azis

Rahzianta, R., & Hidayat, M. L. (2016). Pembelajaran sains model service learning sebagai upaya pembentukan habits of mind dan penguasaan keterampilan berpikir inventif. Unnes Science Education Journal, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9646

Setiawan, A. A., & Johan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Sulasmi, E., & Lukita Sari, E. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran project-based learning secara daring di UPTD SPF SDN Asantola [Thesis, UMSU]. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16175

Tutuk Ningsih, 2018.Pengembangan Alat Permainan Eduktif “Kartu Baca Ngaji Asyik” untuk Ank Usia Dini.Istana Agency.Hal 16.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama