PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RAGAM HIAS DALAM SENI RUPA KELAS V SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap (PBL) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Rupa, khususnya ragam hias di kelas V SDN 105855 Tanjung Morawa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model PBL dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Hasil pretest menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa masih rendah dengan rata-rata skor di bawah Kriteria Ketuntasan Tingkat Pencapaian (KKTP). Setelah penerapan model PBL, Rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen adalah 46,8 dan meningkat menjadi 78,8 pada posttest, sedangkan kelas kontrol mengalami peningkatan dari 37,2 menjadi 47,6. Selisih peningkatan hasil belajar yang jauh lebih besar pada kelas eksperimen menunjukkan efektivitas penerapan model PBL. Hal ini juga diperkuat oleh hasil uji independent sample t-test yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa model PBL tidak hanya meningkatkan hasil belajar secara kognitif, tetapi juga mendorong keterlibatan aktif, kreativitas, dan kemampuan kolaboratif siswa selama proses pembelajaran.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ersandy, M. E. K. B., Maryani, A., Chotimah, S., Theodoridis, T., Kraemer, J.,
Kholiyah, A. S., Maryani, K., & Atikah, C. (2023). Pengaruh Media Loose Parts
Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Pola Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Program
Studi PGRA, 9(1), 141–149.
Hakiki, F. N., Pambudi, D. S., Kurniati, D., Saputri, A., Hariyani, S., Rahaju, R., Nahdiya, N. A.,
Usodo, B., Prodi, M., Matematika, P., Prodi, D., Matematika, P., Pamungkas, I., Zubaidah, …
Harnila. (2018). Analisis tipe keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika ditinjau dari
big five personality. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(3), 2579
Minat Mahasiswa Menjadi Guru (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 FPEB
UPI). Implementation Science.
Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo,
Rusmono. (2017). Hasil belajar Bab II. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 6–
Rusmono. (2017). Hasil belajar Bab II. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 6–
Rusmono. (2017). Hasil belajar Bab II. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 6–
Rusmono. (2017). Hasil belajar Bab II. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 6–
Santosa, T. (2020). Seni Rupa dan Estetika: Perspektif Sosial dan Budaya.
Surabaya: Penerbit Sumber Ilmu.
Septiani, D. H. (2014). Pengaruh Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap
Setiana Sri Wahyuni Sitepu, T. (2020). 済無No Title No Title No Title. Journal GEEJ, 7(2), 48–70.
Wahid, A. (2015). Seni Rupa dan Perkembangannya di Indonesia. Yogyakarta:
Penerbit Andi