PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA KELAS III SD NEGERI 105277
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Rupa kelas III di SD Negeri 105277. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran PjBL. Rata-rata skor kelas eksperimen meningkat dari 57,71 pada saat pretes menjadi 79,79 setelah postes, sedangkan kelas kontrol hanya meningkat dari 47,50 menjadi 57,12. Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang mengindikasikan bahwa penggunaan model PjBL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar guru menerapkan model PjBL secara rutin, terutama pada materi yang menuntut keterampilan praktik dan pemahaman mendalam. Sekolah juga diharapkan mendukung melalui pelatihan, penyediaan fasilitas, dan kebijakan yang kondusif. Model PjBL juga dapat diterapkan pada mata pelajaran lain untuk menguji efektivitasnya di berbagai konteks. Peneliti selanjutnya disarankan untuk memperluas cakupan subjek dan variabel penelitian, serta menggunakan pendekatan campuran guna memperoleh gambaran yang lebih komprehensif mengenai dampak pembelajaran berbasis proyek.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aditya, R. (2020). Teknik cetak grafis dalam seni rupa modern. Yogyakarta: Penerbit Seni Nusantara.
Agus, Suprijono. 2021. Cooperative learning teori & aplikasi paikem. Yogyakarta: Pustaka. Pelajar.
Ahmad, Susanto. (2020). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
Andana, I Md.Edi, Gd.Raga, Nyoman Sudana. “Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek
terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV.”JurnalMimbar PGSD Universitas Pendidikan
Ganesha.
Ardipal (2020), kurikulum pendidikan seni budaya yang ideal bagi peserta didik di masa depan
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/komposisi/article/view/69
Arifudin. 2020. “pengaruh pelatihan dan motifasi terhadap produktivitas kerja tenaga kependidikan
stit rakeyan santang karawang.” MEA (Manajemen,Ekonomi, & Akuntasi), 2(3):209-218.
Arikunto, S. (2021). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik pendidikan. 2023.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2020). Guru dan anak didik dalam interaktsi edukatif. Jakarta. Rineka
Cipta.
Hamdani, (2020), strategi belajar mangajar, Pustaka Setia, Medan.
Hidayat, R. (2023). Metode cetak kolagraf dalam pembelajaran seni rupa di sekolah dasar. Penerbit
Kreativa.
Kemendikbud. (2023). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Setjen Pusdatin),
Statistik Persekolahan SD, SMP, SMA, dan SMK 2022/2023.
Kusuma, R. (2020). Cetak grafis dan media alternatif: eksplorasi teknik dan bahan. Surabaya:
Universitas Negeri Surabaya Press.
Laporan Pemantauan Pendidikan Global. (2020). Rangkuman Laporan Pemantauan Pendidikan
Global. UNESCO 2020.
Mufaidah & Sumadi. (2024). Pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar seni rupa
siswa kelas iv sdn sendangrejo. JURNAL MEDIA AKADEMIK (JMA) .2(2). H. 2792.
Najmi & Hakim. (2020). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar
seni rupa siswa kelas xi sekolah menengah atas negeri 1 dumai. Published by program studi
pendidikan seni rupa fbs universitas negeri padang, Indonesia. 9(1)h.94-95.
Nugroho, A. (2020). Pendidikan seni untuk anak: teknik dan metode kreatif. Bandung: Pustaka
Edukasi.
Purbalaksmi, dkk. (2023). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan
berpikir kreatif dan hasil belajar seni rupa. E-journal program pascasarjana universitas
pendidikan ganesha program studi administrasi pendidikan.4 (2). h. 2.
Purwanto., (2020), Evaluasi hasil belajar, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Putri, L. A. (2022). Estetika seni cetak dalam pendidikan seni rupa. Bandung: Pustaka Seni Nusantara.
Rahmawati, D. (2021). Pembelajaran seni cetak kolagraf di sekolah dasar. Penerbit Edukasi.
Rini, S. P. (2022). "manfaat finger painting dalam pengembangan motorik anak usia dini". Jurnal
pendidikan anak usia dini, 7(2), 45-53.
Rukminingsih, N., Sari, D. P., & Sutrisno, A. (2020). Metode penelitian pendidikan: quasi eksperimen
dan teknik analisis data. Jakarta: Penerbit Eduka.
Sanjaya, Wina. (2020). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta :
Prenada Media Group.
Sari, Erika Manda. 2020. “Pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada
pelajaran IPS dikelas V.” Artikel Penelitian. Universitas Tanjungpura Pontianak.
Siregar, B. (2020). Teknik cetak grafis dalam seni kontemporer. Yogyakarta Kanisius.
Siyoto, S., & Sodik, M. (2015). Metodologi penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif dan
kualitatif. Yogyakarta: LaksBang Pressindo.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suyanto, A. (2022). Eksplorasi seni cetak untuk anak sekolah dasar. Penerbit Cipta Seni.
Trianto. (2021). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Suyanto. (2021). Teknik cetak kolagraf untuk pembelajaran seni di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan
Seni, 15(2), 45-56.
Wardani, Sri.Endang. 2020. “Pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PJBL) terhadap
kreativitas berfikir siswa pada konsep lingkungan.” Artikel Penelitian. Universitas Pendidikan
Indonesia.