PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP – UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SENI TARI TRADISIONAL KELAS V SD SWASTA PELANGI MEDAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas V SD Swasta pelangi Medan yang masih rendah dibawah nilai KKM, dimana kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran pop up book terhadap hasil belajar siswa materi skeberagaman unsur prndukung eni tari tradisional kelas V di SD Swasta Pelangi Medan. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SD Swasta Pelangi Medan. Populasi penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa. Pada tekhnik analisis data, peneliti menggunakan uji validasi, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil pre-test kelas eksperimen memperoleh rata-rata 38,75 dan kelas kontrol 35,75. Setelah dilakukan pembelajaran dengan media pop-up book, hasil post-test kelaas eksperimen mendapat rata-rata 84,75 dan kelas kontrol mendapat rata-rata 74,5. Pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent Sample T-Test dan diperoleh taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000. Karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media Pop-Up Book terhadap hasil belajar siswa pada materi keberagaman unsur pendukung tari tradisional di kelas V SD Swasta Pelangi Medan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi.
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173.
Andi Husnul Khatimah, Andi adam, & Aliem Bahri. (2023). Pengaruh Media Pop Up Book
Terhadap Kemampuan Membaca Cerita Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN No 138
Inpres Mangulabbe Kabupaten Takalar. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 2(1), 114–119.
https://doi.org/10.58738/jkp.v2i1.217.
Anggraini, D., Fretisari, I. (2021). Buku Panduan Guru Seni Tari.Jakarta Selatan: Pusat
Perbukuan
Anisa Nurul Izzah, & Deni Setiawan. (2023). Penggunaan Media Pop Up Book sebagai Media Belajar yang Menyenangkan di Rumah Dalam Inovasi Pembelajaran SD Kelas Rendah.
Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 86–92.
https://doi.org/10.58192/sidu.v2i3.1119.
Dita, P. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar.
Early Childhood Islamic Education Journal, 3(01), 73–85.
https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i01.679.
Farhana, H., Putri, F. D. C., Wulandaric, R. R., Ratnasari, A., & Safitri, I. B. (2020).
Analisis Perkembangan Karakteristik Anak Sekolah Dasar Di Sdn Teluk Pucung I Bekasi. Jurnal
JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 7(1), 29–43.
Farida, H, Marice, S. (2022). Theory Of Cognitive Development By Jean Piaget. Journal
Of Applied Linguistics, 2(1), 55-60.
Hayati, F. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian
Literatur. 5, 1809–1815.
Husaeni, M. Z., & Sukmayadi, Y. (2023). Studi Komparasi Peralihan Kurikulum 2013 ke
Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Seni Budaya SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,
(6), 2453–2462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5402.
Ibrahim, M. A., Fauzan, M. L. Y., Raihan, P., Nurhadi, S. N., Setiawan, U., & Destiyani,
Y. N. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran. AL-MIRAH: Jurnal
Pendidikan Islam, 9(2), 356–363.
Juhaeni, J., Cahyani, E. I., Utami, F. A. M., & Safaruddin, S. (2023). Pengembangan Media
Game Edukasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III Siswa Madrasah
Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 3(2), 58–66.
https://doi.org/10.53621/jider.v3i2.225
Karimah, H. N., Hamzah, M., & Faisal, V. I. A. (2023). Peran Guru PAI Sebagai Motivator
dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI di SMA Takhasus Al-Qur’an Kalibeber
Wonosobo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 1(4), 267– 271.
https://doi.org/10.31004/jerkin.v1i4.73
Khotimah, C. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Hasil
Belajar Siswa Kelas II Mata Pelajaran Tematik Di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang.
Kurniasih, N., & Wakhudin, W. (2023). Internalisasi Profil Pelajar Pancasila Melalui
Pembelajaran Seni dan Budaya di Sekolah Dasar. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar,
(1), 80–90. https://doi.org/10.57251/tem.v2i1.1062
Nengsi, R. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan
Kognitif Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Ipa Tema Lingkungan …. Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Pendidikan, 1(1), 2. https://repository.bbg.ac.id/handle/964
Normabudhi, S. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Pop Up Book pada
Materi Seni Rupa Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Kelas IV SDN 01 Nambangan Lor Kota
Madiun. 5, 913–917.
Nurahmadi, R., & Khalida Dalimunthe, N. (2024). Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Media
Pop- Up Book Terhadap Pengetahuan Gizi Dan Kebiasaan Makan Pagi Siswa Sekolah Dasar
Negeri 3 Tiuh Memon. Journal of Nutrition College, 13(3), 210–219.
https://doi.org/10.14710/jnc.v13i3.40863
Putri, E. L., & Tusyanah. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kreativitas Melalui
Kemandirian Belajar Sebagai Variabel Mediasi Terhadap Hasil Belajar Korespondensi Mahasiswa
Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2022 Universitas Negeri Semarang. Business and
Accounting Education Journal, 5(2), 252–269. https://doi.org/10.15294/baej.v5i2.11395
Putri, Q. K., Pratjojo, P., & Wijayanti, A. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-Up
untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 169. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17905
Rachmadtullah, R., Nadiroh, N., Sumantri, M. S., & S, Z. M. (2018). Development of
Interactive Learning Media on Civic Education Subjects in Elementary School. 251(Acec), 293–
https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.67
Rosyid, N., & Suhayati, E. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Latar Belakang
Pendidikan Siswa Terhadap Hasil Belajar Ilmu Fara’Id. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal
Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 76. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2856
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah
Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611
Silvana, A., Ismunandar, & Tindarika, R. (2018). Bentuk Penyajian Tari Jepin Selendang
di Kelurahan Siantan Hilir Kecamatan Pontianak Utara. Jurnal Seni Tari, 07(01), 1–11.
https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/43426%0Ahttps://jurnal.untan.ac.id/index.
php/jpdpb/article/viewFile/43426/75676587507
Siti Ni’matul Fitriyah, Sutadji, E., Dewi, R. S. I., Suyitno, I., & Anggraini, A. E. (2024).
Asesmen Autentik pada Pembelajaran Seni Budaya Kurikulum Merdeka di Sekolah
Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5587–5593.
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4512
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunarti, Anggraini, D., Sarie, D. P., & Jana, P. (2023). The effectiveness of pop-up book
media in learning reading skills of grade II elementary school. Cakrawala Pendidikan, 42(2), 493–
https://doi.org/10.21831/cp.v42i2.50381
Supartini, M., Ilmu, P., Sosial, P., & Sarjana, P. (2016). Pengaruh Penggunaan Media
Pembelajaran Dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Di Sdn
Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS
(JPPI), 10(2), 1858–4985. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI
Suryani, I. (2023). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada
Pembelajaran Materi Bangun Datar Dikelas IV SD. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1),
–210. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14609
Sekarningsih, F., & Rohayani, H. (2006). Pendidikan Seni Tari dan Drama.
Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book
Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1.
https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857
Ummi, A., Sukma Dewi, A., Rahmawati, A., & Wahidayani, S. (2023). Pengaruh
Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika. Griya Journal of
Mathematics Education and Application, 3(2), 264–272. https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.323
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023).
Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2),
– 3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Yulianto, R. E. (2020). Pendidikan Seni Untuk Membentuk Manusia Ideal. Imajinasi:
Jurnal Seni, 14(1), 17–24.