PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP – UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SENI TARI TRADISIONAL KELAS V SD SWASTA PELANGI MEDAN

Isi Artikel Utama

Fatimah Zahra Siregar
Sri Mustika Aulia
Irsan
Putra Afriadi
Masta Marselina Sembiring

Abstrak

Penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas V SD Swasta pelangi Medan yang masih rendah dibawah nilai KKM, dimana kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran pop up book terhadap hasil belajar siswa materi skeberagaman unsur prndukung eni tari tradisional kelas V di SD Swasta Pelangi Medan. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SD Swasta Pelangi Medan. Populasi penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa. Pada tekhnik analisis data, peneliti menggunakan uji validasi, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil pre-test kelas eksperimen memperoleh rata-rata 38,75 dan kelas kontrol 35,75. Setelah dilakukan pembelajaran dengan media pop-up book, hasil post-test kelaas eksperimen mendapat rata-rata 84,75 dan kelas kontrol mendapat rata-rata 74,5. Pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent Sample T-Test dan diperoleh taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000. Karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media Pop-Up Book terhadap hasil belajar siswa pada materi keberagaman unsur pendukung tari tradisional di kelas V SD Swasta Pelangi Medan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Siregar, Fatimah Zahra, Sri Mustika Aulia, Irsan Irsan, Putra Afriadi, dan Masta Marselina Sembiring. “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP – UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SENI TARI TRADISIONAL KELAS V SD SWASTA PELANGI MEDAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 3166–3183. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3158.
Bagian
Artikel

Referensi

Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi.

Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173.

Andi Husnul Khatimah, Andi adam, & Aliem Bahri. (2023). Pengaruh Media Pop Up Book

Terhadap Kemampuan Membaca Cerita Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN No 138

Inpres Mangulabbe Kabupaten Takalar. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 2(1), 114–119.

https://doi.org/10.58738/jkp.v2i1.217.

Anggraini, D., Fretisari, I. (2021). Buku Panduan Guru Seni Tari.Jakarta Selatan: Pusat

Perbukuan

Anisa Nurul Izzah, & Deni Setiawan. (2023). Penggunaan Media Pop Up Book sebagai Media Belajar yang Menyenangkan di Rumah Dalam Inovasi Pembelajaran SD Kelas Rendah.

Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 86–92.

https://doi.org/10.58192/sidu.v2i3.1119.

Dita, P. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar.

Early Childhood Islamic Education Journal, 3(01), 73–85.

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i01.679.

Farhana, H., Putri, F. D. C., Wulandaric, R. R., Ratnasari, A., & Safitri, I. B. (2020).

Analisis Perkembangan Karakteristik Anak Sekolah Dasar Di Sdn Teluk Pucung I Bekasi. Jurnal

JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 7(1), 29–43.

Farida, H, Marice, S. (2022). Theory Of Cognitive Development By Jean Piaget. Journal

Of Applied Linguistics, 2(1), 55-60.

Hayati, F. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian

Literatur. 5, 1809–1815.

Husaeni, M. Z., & Sukmayadi, Y. (2023). Studi Komparasi Peralihan Kurikulum 2013 ke

Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Seni Budaya SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,

(6), 2453–2462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5402.

Ibrahim, M. A., Fauzan, M. L. Y., Raihan, P., Nurhadi, S. N., Setiawan, U., & Destiyani,

Y. N. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran. AL-MIRAH: Jurnal

Pendidikan Islam, 9(2), 356–363.

Juhaeni, J., Cahyani, E. I., Utami, F. A. M., & Safaruddin, S. (2023). Pengembangan Media

Game Edukasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III Siswa Madrasah

Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 3(2), 58–66.

https://doi.org/10.53621/jider.v3i2.225

Karimah, H. N., Hamzah, M., & Faisal, V. I. A. (2023). Peran Guru PAI Sebagai Motivator

dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI di SMA Takhasus Al-Qur’an Kalibeber

Wonosobo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 1(4), 267– 271.

https://doi.org/10.31004/jerkin.v1i4.73

Khotimah, C. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Hasil

Belajar Siswa Kelas II Mata Pelajaran Tematik Di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang.

Kurniasih, N., & Wakhudin, W. (2023). Internalisasi Profil Pelajar Pancasila Melalui

Pembelajaran Seni dan Budaya di Sekolah Dasar. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar,

(1), 80–90. https://doi.org/10.57251/tem.v2i1.1062

Nengsi, R. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan

Kognitif Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Ipa Tema Lingkungan …. Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Pendidikan, 1(1), 2. https://repository.bbg.ac.id/handle/964

Normabudhi, S. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Pop Up Book pada

Materi Seni Rupa Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Kelas IV SDN 01 Nambangan Lor Kota

Madiun. 5, 913–917.

Nurahmadi, R., & Khalida Dalimunthe, N. (2024). Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Media

Pop- Up Book Terhadap Pengetahuan Gizi Dan Kebiasaan Makan Pagi Siswa Sekolah Dasar

Negeri 3 Tiuh Memon. Journal of Nutrition College, 13(3), 210–219.

https://doi.org/10.14710/jnc.v13i3.40863

Putri, E. L., & Tusyanah. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kreativitas Melalui

Kemandirian Belajar Sebagai Variabel Mediasi Terhadap Hasil Belajar Korespondensi Mahasiswa

Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2022 Universitas Negeri Semarang. Business and

Accounting Education Journal, 5(2), 252–269. https://doi.org/10.15294/baej.v5i2.11395

Putri, Q. K., Pratjojo, P., & Wijayanti, A. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-Up

untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 169. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17905

Rachmadtullah, R., Nadiroh, N., Sumantri, M. S., & S, Z. M. (2018). Development of

Interactive Learning Media on Civic Education Subjects in Elementary School. 251(Acec), 293–

https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.67

Rosyid, N., & Suhayati, E. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Latar Belakang

Pendidikan Siswa Terhadap Hasil Belajar Ilmu Fara’Id. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal

Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 76. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2856

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah

Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Silvana, A., Ismunandar, & Tindarika, R. (2018). Bentuk Penyajian Tari Jepin Selendang

di Kelurahan Siantan Hilir Kecamatan Pontianak Utara. Jurnal Seni Tari, 07(01), 1–11.

https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/43426%0Ahttps://jurnal.untan.ac.id/index.

php/jpdpb/article/viewFile/43426/75676587507

Siti Ni’matul Fitriyah, Sutadji, E., Dewi, R. S. I., Suyitno, I., & Anggraini, A. E. (2024).

Asesmen Autentik pada Pembelajaran Seni Budaya Kurikulum Merdeka di Sekolah

Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5587–5593.

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4512

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarti, Anggraini, D., Sarie, D. P., & Jana, P. (2023). The effectiveness of pop-up book

media in learning reading skills of grade II elementary school. Cakrawala Pendidikan, 42(2), 493–

https://doi.org/10.21831/cp.v42i2.50381

Supartini, M., Ilmu, P., Sosial, P., & Sarjana, P. (2016). Pengaruh Penggunaan Media

Pembelajaran Dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Di Sdn

Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS

(JPPI), 10(2), 1858–4985. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI

Suryani, I. (2023). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada

Pembelajaran Materi Bangun Datar Dikelas IV SD. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1),

–210. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14609

Sekarningsih, F., & Rohayani, H. (2006). Pendidikan Seni Tari dan Drama.

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book

Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1.

https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857

Ummi, A., Sukma Dewi, A., Rahmawati, A., & Wahidayani, S. (2023). Pengaruh

Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika. Griya Journal of

Mathematics Education and Application, 3(2), 264–272. https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.323

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023).

Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2),

– 3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yulianto, R. E. (2020). Pendidikan Seni Untuk Membentuk Manusia Ideal. Imajinasi:

Jurnal Seni, 14(1), 17–24.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama