PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 PADANGSIDIMPUAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang di SD Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen. Populasi berjumlah 57 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik cluster random sampling , sehingga didapat sampel penelitian berjumlah 28 siswa. Agar hipotesis yang diajukan diterima dan ditolak, maka dilakukan uji korelasi product moment diperoleh rxy = 0,34 jika dikonsultasikan dengan tabel angka kasar, hubungan antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar rendah. Kemudian dilakukan uji “t-test”, diperoleh nilai uji t-hitung sebesar 1,96 dengan df = 28 dan taraf signifikansi 0,05 dibandingkan dengan nilai t-tabel 2,06 yaitu (1,96 < 2,06), artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang di SD Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan dan bukan hanya itu, dilihat dari nilai mean pretest dan posttest dimana nilai posttest meningkat lebih tinggi dari nilai mean pretest yaitu (45,71 < 87,32).
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.