KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI KELAS V SDN 0215 PASAR BINANGA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan khusus untuk mengetahui tingkat keefektifan penerapan model CTL terhadap hasil belajar matematika materi pecahan dalam perbandingan dan skala pada siswa kelas V SDN 0215 Pasar Binanga. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi Penelitian 48 siswa sedangkan Sampel Penelitian kelas V berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian digunakan untuk mengukur nilai variabel yang Tes. Teknik analis Data Perhitungan uji hipotesis akhir dibantu dengan menggunakan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis di atas, maka diperoleh nilai thitung sebesar 1,96 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dan dk = N – 2 = 28 – 2 = 26 diperoleh ttabel sebesar 2,06. Jadi thitung lebih kecil dari pada ttabel atau 1,96 < 2,06. Artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar Matematika materi Pecahan di SD Negeri 0215 Pasar Binanga atau Hipotesis Nihil ( H0) Diterima sedangkan Hipotesis Alternatif (Ha) Ditolak.
Kata kunci: Model Contextual Teaching and Learning (Ctl), Materi Pecahan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Fathani, A.H. 2016. Matematika Hakikat & Logika. Jogjakarta : AR – RUZZ MEDIA.
Johnson, E.B. 2014. CTL Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan
Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung : Kaifa.
Komalasari, K. 2017. Pembelajaran Kontekstual konsep dan aplikasi. Bandung : PT. Refika Aditama.
Nizar. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Ciptapustaka Media.
Rifa’i, A. & Anni, C.T. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press
Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta Cipta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sundayana, Rostina. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan matematika. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suprijono Agus. 2015. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Susanto, A. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.