PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 0902 BOMBONGAN

Isi Artikel Utama

Eko Sucahyo
Rani Kusuma Ningtyas
Nurzanna
Sabri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran proses pembelajaran menggunakan model role playing di kelas V SD Negeri 0902 Bombongan, untuk mengetahui bagaimana gambaran minat belajar siswa kelas V dengan model pembelajaran role playing. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode penelitian Kuantitatif Eksperimen. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran role playing dan minat belajar siswa kelas V SD Negeri 0902 Bombongan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas V SD Negeri 0902 Bombongan. Instrumen dalam penelitian ini antara lain; (1) Observasi; (2) Angket; (3) Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penggunaan model pembelajaran role playing diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,04 dengan kategori “Baik”. Sedangkan minat belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 65 dengan kategori “Cukup”. Dari hasil penelitian juga Pada output Tabel ANOVA didapatkan nilai sig. sebesar = 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran role playing terhadap minat belajar siswa kelas V SD Negeri 0902 Bombongan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sucahyo, Eko, Rani Kusuma Ningtyas, Nurzanna Nurzanna, dan Sabri Sabri. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 0902 BOMBONGAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 3284–3291. Diakses Desember 6, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3576.
Bagian
Artikel

Referensi

Ananda, D., & Kristin, F. (2023). Applying Role-Playing Learning Model to Improve Motivation and Social Studies Learning Outcomes of Elementary School Students. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.17509/ebj.v5i2.63145.

Ivanna, L. (2023). Penerepan Metode Bermain Peran (Role Play) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV DI SDN 173249 Sibulan- Bulan. Journal of Educational Research and Humaniora (JERH). https://doi.org/10.51178/jerh.v1i2.1372.

Prayitno, P. (2017). The Implementation of Role Playing Learning Model to Increase Student Learning Activities and Outcomes., 1, 73-81. https://doi.org/10.17977/UM013V1I22017P073.

Sucahyo, E., Ningtyas, R. K., & Fithriyah, N. (2025). Developing kurikulum merdeka textbooks to teaching critical thinking skills for elementary school students. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 12(1), 52-68. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.12.1.52-68.

Sucahyo, E., & Ningtyas, R. K. (2024). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTING CLASS TERHADAP SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS V SD NEGERI 200101 PADANGSIDIMPUAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 4(4), 212-217. https://doi.org/10.37081/jipdas.v4i4.2083.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tumanggor, S. R., Harahap, M. A. R., Sabri, S., Nurbaiti, N., Sucahyo, E., Safitri, R., ... & Ilahi, A. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS IV DI SD NEGERI 155708 PO MANDUAMAS 2 KABUPATEN TAPANULI TENGAH. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 3(2), 299-308. https://doi.org/10.37081/jipdas.v3i2.1405.

Wahyuni, S., Rahmatan, H., , M., & , S. (2020). The effect of role-playing model on students’ critical thinking skills and interest in learning chemical bonds concept. Journal of Physics: Conference Series, 1460. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012088.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>