UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS V SD NEGERI NO. 157622 GUNUNG KELAMBU KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Isi Artikel Utama

Valery Tambunan
Erwin Siregar
Sabri Sabri

Abstrak

Abstrak


 


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 157622 Gunung Kelambu dengan menggunakan metode Demonstrasi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan menerapkan metode Demonstrasi . Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes (pre test dan post test) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, lembar observasi aktivitas guru mengajar dan lembar observasi aktivitas siswa , untuk mengetahui kegiatan guru dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan presentase dari penilaian hasil belajar, sikap dan aktivitas peserta didik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 157622 Gunung Kelambu yang berjumlah 26 orang. Peningkatkan hasil belajar peserta didik dapat diukur dari evaluasi siklus I, dan siklus II. Dengan nilai aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 60% dan siklus II 81,15%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat diukur dari setiap siklusnya, hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 76 %  dengan kategori “Rendah” Dan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 92% dengan kategori “Tinggi”. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 157622 Gunung Kelambu.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Tambunan, Valery, Erwin Siregar, dan Sabri Sabri. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS V SD NEGERI NO. 157622 GUNUNG KELAMBU KABUPATEN TAPANULI TENGAH”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 3 (Agustus 10, 2021): 147–153. Diakses Mei 4, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/66.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>