UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI KEANEKARAGAMAN BUDAYA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING SISWA KELAS IV B SD NEGERI 200407 PASANGSIDIMPUAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk Mengetahui bagaimana menggunakan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi keanekaragaman budaya Indonesia melalui penerapan model snowball throwing siswa kelas IV B SD Negeri 200407 Pasangsidimpuan 2) Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi keanekaragaman budaya Indonesia melalui penerapan model snowball throwing siswa kelas IV B SD Negeri 200407 Pasangsidimpuan.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri 200407 Padangsidimpuan dengan jumlah siswa 20 orang, Objek penelitian kelas IV B SD Negeri 200407 padangsidimpuan. Berdasarkan hasil siklus I diketahui bahwa nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 76,25 dimana pencapaian ini berada pada kategori kurang. Sedangkan hasil siklus II diketahui nilai skor hasil observasi dari kegiatan pembelajaran diperoleh nilai rata-rata sebesar 90,5 yakni berada pada kategori baik. Pencapaian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil observasi pembelajaran yang dilakukan. Hasil pembelajaran siklus I diketahui hasil tes yang dilakukan diketahui hanya terdapat 10 peserta didik yang tuntas atau sekitar 50 %. Adapun jumlah peserta didik tidak tuntas sebanyak 10 peserta didik atau sebesar 50%.sedangkan pada siklus II diketahui ketuntasan sebesar 90,5 dimana terdapat sebanyak 20 peserta didik tuntas pada pembelajaran siklus II. Dan tidak ada peserta didik yang tidak tuntas.
Kata kunci: peningkatan, hasil, model, snowball throwing
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Agus Suprijono. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.
Arif, F. N., & Manullang, O. R. (2017). Kesesuaian Tata Guna Lahan Terhadap Penerapan Konsep Transit Oriented Development (TOD) di Kota Semarang. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota Volume 13 (3) September, 301-311.
Dimyati, Mudjiono. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: CV. Rineka Cita.
Hayati, R. 2017. Pendekatan Matematika Realistik untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Variasi. 9(4): 6 – 9
Kurniasih, Imas. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesional Guru. Yogyakarta: Kata Pena