UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI MANUSIA DAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS V SD. NEGERI 101116 BANGE
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam materi Manusia dan Lingkungan menggunakan model Kooperatif Tipe NHT di kelas V SD Negeri 101116 Bange, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan, dan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model Kooperatif Tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi Manusia dan Lingkungan menggunakan model Kooperatif Tipe NHT di kelas V SD Negeri 101116 Aek Bange, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101116 Bange, Kecamatan Batang Ankola, Kabupaten Tapanuli Selatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) Observasi, 2) Tes, dan 3) Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Kooperatif Tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Manusia dan Lingkungan di kelas V SD Negeri 101116 Bange, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 50% siswa yang tuntas, pada siklus II yaitu: 88% siswa yang tuntas. Hal ini membuktikan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Agustina, R. L. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Menggunakan Model STAD dan NHT. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(3).
Dimyati. 2010. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Pt Rineka Cipta.
Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif referensi guru dalam menentukan model pembelajaran. Media Persada.
Samatowa. 2010. Pembelajaran IPA disekolah Dasar. Jakarta: Indeks Jakarta Barat.
Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Utama
. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan konstektual. Jakarta: Kencana.
. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan konstektual. Jakarta: Kencana.