EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DENGAN MENGUNAKAN AUTOPLAY 8 UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS KELAS X SISWA SMK N 2 PADANGSIDIMPUAN
Kata Kunci:
media pembelajaran berbasis teknologiAbstrak
Penelitian pengembangan media pembelajaran berbantuan software AutoPlay 8 ini bertujuan untuk menghasilkan
sebuah media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan kriteria materi, navigasi, bahasa dan tampilan. Selain
itu juga untuk mengetahui hasil respon siswa terhadap media pembelajaran AutoPlay 8 dalam kegiatan belajar
mengajar di SMK Negeri 2 Padangsismpuan. Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai langkah
pembelajaran yang diterapkan menggunakan Research and Development (R&D). Dengan alur penelitian (1) Potensi
dan dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji coba
produk, (7) Analisis dan pelaporan. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan
software AutoPlay 8 yang telah divalidasi oleh validator dengan rekapitulasi hasil rating sebesar 91,53%. Respon
siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat didalam media pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan rata-rata
hasil rating sebesar 84,78%. Hal ini mennjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan
sebagai media pembelajaran
Referensi
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja
Grafindo Persada, 2014.
Bork, Alfred. 1980. Interactive Learning. USA.Irvine University of California.
Febrian, Vivit. 2014. Pengembangan MediaPembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan
Software Macrimedia Flash Pada Kompetensi DasarRangkaian Logika di SMK Negeri 2 Bojonegoro
(Skripsi). UNESA.
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung:Penerbit Citra Aditya Bakti.
Hayuhana, Gadis. 2013. Pengembangan MediaPembelajaran Mata Diklat Elektronika Industri UntukSiswa SMK Negeri 1 Driyorejo Gresik. (Skripsi).UNESA.
Hernawati, Kuswari. 2009. Modul Penelitian
AutoPlay MediaStudio, (Online).
Priandana, Danang. 2014. Pengembangan Media