EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DENGAN MENGUNAKAN AUTOPLAY 8 UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS KELAS X SISWA SMK N 2 PADANGSIDIMPUAN
Kata Kunci:
media pembelajaran berbasis teknologiAbstrak
Penelitian pengembangan media pembelajaran berbantuan software AutoPlay 8 ini bertujuan untuk menghasilkan
sebuah media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan kriteria materi, navigasi, bahasa dan tampilan. Selain
itu juga untuk mengetahui hasil respon siswa terhadap media pembelajaran AutoPlay 8 dalam kegiatan belajar
mengajar di SMK Negeri 2 Padangsismpuan. Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai langkah
pembelajaran yang diterapkan menggunakan Research and Development (R&D). Dengan alur penelitian (1) Potensi
dan dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji coba
produk, (7) Analisis dan pelaporan. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan
software AutoPlay 8 yang telah divalidasi oleh validator dengan rekapitulasi hasil rating sebesar 91,53%. Respon
siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat didalam media pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan rata-rata
hasil rating sebesar 84,78%. Hal ini mennjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan
sebagai media pembelajaran
Referensi
Alfan, Moch. 2015. Perbandingan Media Pembelajaran (Autoplay Media Studio) sebagai Alat Bantu Pembelajaran Memperbaiki CD Player Siswa Kelas XI di SMK Negeri 3 Surabaya. (Skripsi). UNES
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014
Bork, Alfred. 1980. Interactive Learning. USA. Irvine University of California.
Ermawita, E., & Zainy, A. (2019). Desain MEDIA Pembelajaran Materi Perangkat Keras Komputer Menggunakan Adobe Flash Cs5. Jurnal Education and Development, 7(2), 561637.
Fauzi, R. (2016). Implementasi Jaringan Saraf Tiruan Dengan Metode Backpropagation Terhadap Bibit Tanaman Karet. Jurnal Education and Development STKIP Tapanuli Selatan, 1-11.
Fauzi, R. (2017). Identifikasi Jenis Tanaman Tin Sesuai Dengan Bentuk Daun Menggunakan Jaringan Saraf Tiruan (Jst) Dengan Metode Backpropafation. Jurnal Education and Development, 6(3), 73-73.
Febrian, Vivit. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Software Macrimedia Flash Pada Kompetensi Dasar Rangkaian Logika di SMK Negeri 2 Bojonegoro (Skripsi). UNESA.
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Penerbit Citra Aditya Bakti.
Hayuhana, Gadis. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Mata Diklat Elektronika Industri Untuk Siswa SMK Negeri 1 Driyorejo Gresik. (Skripsi). UNESA.
Hernawati, Kuswari. 2009. Modul Penelitian AutoPlay MediaStudio, (Online).
Hidayat, T., Nasution, H. N., Nasution, S. W. R., & Fauzi, R. (2019). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Lupus Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Education and Development, 7(3), 114-114.
Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8-8.
Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69-69.
Nasution, S. W. R., & Nasution, H. N. (2020). Perancangan dan Implementasi Bahan Ajar Berbasis Penelitian Microsoft Office 2013 pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development, 8(4), 415-415.
Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., Fauzi, R., & Harahap, M. S. (2020). Pengaruh Promosi Perguruan Tinggi terhadap Peningkatan Peluang Kerja pada Warga Desa Sampean. Jurnal Education and Development, 8(2), 16-16.
Priandana, Danang. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Software Macromedia Flash Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Macam-macam Gerbang Dasar Rangkaian Logika di SMK Negeri 2 Bojonegoro. (Skripsi). Universitas Negeri Surabaya.
Sadiman, Arief S., dkk, Media Pendidikan: Pengertian,
Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.
Sugiono., Meode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Widoyoko, Eko, P. 2012. Teknik Penyusunan
Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar