PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR

Penulis

  • Ermawati Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rahmad Fauzi
  • Ahmad Zainy institut pendidikan tapanuli selatan

Kata Kunci:

Konstruktivisme, Kreativitas, me

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar di Kelas XI TKJ SMK Swasta Yapim Taruna Barumun Tengah. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Yapim Taruna Barumun Tengah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One-shot Case Study. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 7.541 > 1.725. Selanjutnya nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 sedangkan nilai probabilitas diketahui sebesar 0.05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil konsultasi nilai tersebut, maka hipotesis alternatif diterima atau disetujui kebenarannya yaitu “Terdapat Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar di Kelas XI TKJ SMK Swasta Yapim”.

Referensi

Budiarti, Yesi. 2020. Pengembangan Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro.

Nasution, N Hanifah, 2022. Perancangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Canvapada Mata Pelajaran Administrasisistem Jaringan. Jurnal Vinertek Vol.2No.3EdisiOktober 2022

Hamalik, Oemar, 2017. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Husein, Umar. 2018. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurdyansyah dan Fahyuni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Rangkuti, Ahmad, Nizar. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: IKAPI.

Riyanto ,Yatim. 2013. Paradigm Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Santi, Jane. 2018. Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Tumbuhan Hijau di Kelas V SDN 3 Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 3.

Siyoto, Sandu dan Sodik, Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Sleman : Literasi Media Publishing.

Sugiyono. 2018. Metode penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-10-28

Cara Mengutip

Ermawati Harahap, Rahmad Fauzi, & Ahmad Zainy. (2024). PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR . JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(3), 1–6. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1234

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>