PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DASAR DI KELAS X TKJ SMK NEGERI 1 TANTOM ANGKOLA

Penulis

  • Reno tua institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Lukman Hakim Siregar institut pendidikan tapanuli selatan
  • Ahmad Zainy institut pendidikan tapanuli selatan

Kata Kunci:

motivasi belajar, videoscribe,, media pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran videoscribe terhadap motivasi belajar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tantom Angkola. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan deskriptif kuantitatif dengan sampel 34 siswa dan diambil dengan teknik random sampling dari 68 students. Lembar angket menunjukkan penggunaan media pembelajaran videoscribe sebesar 65,47 (kategori cukup) dan motivasi belajar siswa sebesar 74,96 (kategori baik). Selanjutrya dengan menggunakan regresi linier sederhana (SPSS 25) menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Artinya ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran videoscribe terhadap motivasi belajar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tantom Angkola.

Referensi

Arikunto, S. (2006). Metodologi Kuantitatif . Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Produk. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Bilfaqih, Yusuf. 2015. Esesnsi Pengembangan Pembelajaran Daring.Yogyakarta: Deepublish

Fauzi, R., & Nasution, H. N. (2021). Peggunaan MEDIA Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa SMKN 1 Tantom Angkola. Jurnal Education and Development, 9(3), 426-430.

Fauzi, R., Zainy, A., Nasution, H. N., Nasution, F. H., & Simanjuntak, F. A. (2023). Perancangan Aplikasi Pariwisata Berbasis Android Di Kota Padang Sidempuan. Jurnal Education and Development, 11(1), 437-442.

Nasution, H. N. (2022). PERANCANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8.5 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS IX SMP NEGERI 5 MUARA BATANG GADIS. Jurnal Education and Development, 10(1), 438-444.

Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8-8.

Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem Pengenalan Biji Kopi Arabika, Robusta, Liberika, Dan Eksalsa Mengunakan Metode S Yuleq. Jurnal Education And Development, 10(1), 415-418.

Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69-69.

Nasution, S. W. R., & Nasution, H. N. (2020). Perancangan dan Implementasi Bahan Ajar Berbasis Penelitian Microsoft Office 2013 pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development, 8(4), 415-415.

Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., Fauzi, R., & Harahap, M. S. (2020). Pengaruh Promosi Perguruan Tinggi terhadap Peningkatan Peluang Kerja pada Warga Desa Sampean. Jurnal Education and Development, 8(2), 16-16.

Nasution, S. W. R., Siregar, L. H., & Situmorang, R. S. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 269-274.

Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Saiful Bahri, D. (2000). Psiologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar dan Proses Pendidikan. Jakarta: Kencan.

Selyosari. (2013). Metode Pendidikan dan Pengembangan . Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Sobron A.N, B. R. 2019. Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. Pendidikan Islam dan Multikulturalisme.

Solihin, C. (2020). Efektivitas Dan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Daring (Online) Pada Saat Pandemi Covid-19, 1-19.

udjana. (2005). Metode Statiska. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metodologi Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metodologi Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020. (2020). Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Syarifudin, Albitar S. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 31-32.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yani Fitriyani, I. F. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Pustaka Di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran(e-ISSN :2242-7667), 165-175.

Yohana, M. D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Qamarul Huda. Jurnal Tirai Edukasi, Volume 1, Nomor 4(ISSN 2654-721x), 1-8.

Yolandasari, M. B. (2019). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dikelas II A Mi Unggulan Miftahhul Huda Tumang Cepogo Boyolali, 1-68.

Yusuf, M. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-08-21

Cara Mengutip

tua, R., Lukman Hakim Siregar, & Ahmad Zainy. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DASAR DI KELAS X TKJ SMK NEGERI 1 TANTOM ANGKOLA. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(2), 29–34. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/2136

Terbitan

Bagian

Informatika

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>